Takon, Jejaring Sosial Tanya-Jawab Asli Jawa Timur

Takon

Semakin populernya gadget ternyata mendorong banyak sekali pengembang aplikasi yang berasal dari Indonesia, termasuk aplikasi yang satu ini. Takon adalah aplikasi yang mampu mengatasi kebanyakan masalah masyarakat Indonesia. Jika Anda sedang mengalami kesulitan mendapatkan informasi yang sederhana tentang apapun takon bisa menjadi asisten anda. Takon adalah aplikasi sosial media berbasis tanya jawab denga cita rasa Indonesia. Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sosial media lain yang mayoritas buatan luar negeri, Takon dibuat oleh tiga pengembang asal Malang dan Lumajang, Jawa Timur, yaitu Andry Susanto, Jimmy Kurniawan, dan Willy Wijaya. Mereka bergabung dalam sebuah startup teknologi bernama Techrun Indonesia.

Nama Takon sendiri berasal dari bahasa Jawa ‘takon’ yang berarti ‘bertanya’. Pemilihan nama itu juga merepresentasikan misi dari Techrun untuk membuat sebuah aplikasi sosial media tanya jawab yang cocok dengan kultur Indonesia. Takon disebut-sebut sebagai aplikasi sosial media tanya-jawab pertama buatan Indonesia. “Jadi waktu itu ada ide untuk membuat aplikasi yang bisa untuk tanya jawab. Saya lihat di luar negeri ada aplikasi bagus, namun kurang cocok untuk Indonesia, misalnya kendala bahasa dan terkesan kaku,” ujar Andry.

Menurut Andry, Takon dianggap mampu menghasilkan jawaban-jawaban yang lebih cepat dan akurat dibandingkan forum-forum internet. Ini berkat akses aplikasi takon yang menggunakan platform Android. Sejak dirilis akhir tahun 2014 yang lalu, aplikasi berlogo burung hantu ini sudah di download sekitar lebih dari 5000 kali lewat Google Playstore. Aplikasi ini diharapkan menjadi pemicu kreativitas anak bangsa untuk terus mengembangkan teknologi yang bisa diterima oleh pasar Internasional.

 

Link : http://www.goodnewsfromindonesia.org/2015/09/02/takon-jejaring-sosial-tanya-jawab-asli-jawa-timur/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *