Pembakar Hutan Merapi Belum Ditangkap

Pembakar Hutan Merapi Belum Ditangkap
Oknum pembakar hutan, di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), hingga kini masih belum ditangkap. Padahal, petugas dari TNGM maupun kepolisian telah dikerahkan.
 
"Belum, masih kami lakukan pengejaran bersama dengan pihak kepolisian juga," kata Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan, TNGM Dhany Suryawan, kepada wartawan, Minggu (13/9/2015).
 
Dikatakannya, pihaknya terus bertekad untuk memperkarakan oknum-oknum tersebut. Agar menjadi pelajaran, dan tidak terulang lagi dikemudian harinya. "Agar menjadi pelajaran bagi mereka," tuturnya.
 
Dia sendiri yakin, oknum tersebut bukannya warga yang tinggal di sekitar titik lokasi kebakaran. Yaitu, di daerah Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.
 
"Dari hasil penyelidikan sementara, mereka ingin melakukan sabotase. Jelas ada kesengajaan. Manusia membakar itu ada dua niatan dan maksud. Yaitu, ingin melakukan sabotase atau membakar tradisional," ucapnya.
 
Namun demikian, pihaknya enggan mengungkapkan sabotase tersebut bertujuan untuk apa. "Membakar untuk merusak ini yang harus diberi pengertian," katanya.
 
Selain melakukan pengejaran terhadap oknum pembakar hutan tersebut, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat lereng Merapi. Sebab tak dipungkirinya, pembakaran hutan dengan tradisional pun masih ada.
 
"Pembakaran hutan secara tradisional, walau salah secara hukum konservasi tapi pendekatan tetapi kami lakukan dengan sosialisasi. Masyarakat biasanya memang membakar hutan, agar ada tanaman rumput baru yang tumbuh," jelasnya. 
 
Pembakaran hutan oleh warga biasa dilakukan untuk makanan hewan ternak. Sebagaimana diketahui, kebakaran hutan di lereng Merapi melahap lahan lebih dari 10 hektare. 
 
Peristiwa itu terjadi sejak Agustus 2015, tepatnya di sekitar Kali Putih, yang merupakan salah satu titik penambangan pasir, dan material erupsi 2010 silam.
 
Terpisah, Kepala TNGM Edy Sutiyarto mengatakan, saat ini sudah tak ada lagi kebakaran hutan. Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan pengawasan bersama dengan masyarakat sekitarnya.
 
Sumber : http://daerah.sindonews.com/read/1044199/189/pembakar-hutan-merapi-belum-ditangkap-1442150978

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *