7 Tips Penting agar Menjadi Personal Assistant yang Professional

7 Tips Penting agar Menjadi Personal Assistant yang Professional

Personal assistant atau asisten pribadi  adalah orang yang sangat dipercaya untuk mengurus urusan pekerjaan dan bahkan urusan pribadi. Dulu, banyak yang menganggap bahwa personal assistant hanya diperuntukkan oleh direktur, CEO, maupun orang yang memiliki jabatan penting lainnya.

Namun sekarang, bukan hanya direktur aja lho yang membutuhkan personal assistant. Pasalnya, sudah banyak publik figur yang juga menggunakan jasa seorang personal assistant demi mengatur jadwal pekerjaan dan urusan pribadinya.

Menjadi seorang Personal Assistant memiliki banyak sekali tantangan dan kita dituntut untuk fleksibilitas, cepat, dan cekatan dalam bekerja. Jadi nggak heran kalau gaji seorang personal assistant tak main-main.  Nah, bagi kamu yang tertarik menjadi seorang personal assistant atau PA, ada beberapa tips yang bisa kamu pelajari, termasuk tugas dan gaji personal assistant.

Baca juga:

Ini Dia Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Auto Tajir Melintir

5 Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu Kepribadian Introvert

Bukan Disengaja, Ini Alasan Kenapa Tulisan Dokter Jelek atau Sulit Dibaca

Tips Menjadi Personal Assistant yang Professional

1. Datang Lebih Awal, Pulang Lebih Akhir

Bagi seorang PA, penting bagi kamu untuk datang lebih awal demi mempersiapkan kebutuhan bos. Baik itu jadwal kerjanya, janji meeting-nya dengan orang lain atau sekadar merapikan map yang bertumpuk di atas meja kerjanya. Pastikan keadaan meja bos kamu sudah rapi dan segala informasi yang dia butuhkan dalam satu hari sudah berada di tempatnya, ya!

Selain datang lebih awal, kamu juga perlu pulang lebih akhir untuk menuntaskan pekerjaan bos yang sekiranya masih dipending. Pastikan kerjaan pada hari itu selesai dan tidak ada yang tertunda.

2. Lebih Cepat Lebih Baik

Semua bos menyukai karyawan yang dapat bekerja dengan cepat. Nah sebagai orang kepercayaan, kamu harus menerapkan ini. Kamu harus pintar-pintar menyiasati waktu dan menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin.

Caranya, fokuslah pada pekerjaan, buat daftar, tentukan mana yang harus lebih dulu dikerjakan dan selesaikan. Selalu ingat untuk tidak menunda pekerjaan.

3. Jadilah Sosok yang Berwibawa

Seorang personal assistant harus bisa memberikan kesan yang berbeda dari karyawan lain. Ketahuilah bahwa kamu salah satu ujung tombak dari perusahaan.

Sebagai seorang PA, tentunya kamu akan berhadapan dengan banyak orang yang memiliki karakteristik berbeda-beda. Nah, apabila kamu memiliki wibawa yang baik itu akan membuat kamu jauh lebih mudah mengatasi orang lain.

4. Kenali dan Pahami Bos

Tipikal setiap bos berbeda-beda dan kamu sebagai PA tentunya nggak bisa memilih siapa yang akan menjadi bos nantinya. Namun, yang bisa kamu lakukan adalah membaca situasi dan kondisi dan menyesuaikan diri.

Mampu menyesuaikan diri dan berkomunikasi dengan baik dengan bos adalah salah satu pencapaian terbaik bagi seorang PA. Menjalin hubungan baik dengan bos sangatlah sulit. Cara terbaik adalah dengan mengalahkan ego kamu serta mengutamakan kepuasan hati atasan.

5.  Fleksibel

Misalnya saja tiba-tiba kamu mendapat tugas untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan di luar negeri, kamu harus siap sedia menjalankan misi tersebut. Menjadi seorang PA memang dituntut untuk menerima semua jenis pekerjaan yang dibebankan. Semakin kamu fleksibel, maka semakin besar nilai kamu di mata pimpinan.

6. Perhatikan Penampilan Anda

Seorang personal assistant adalah satu dari bagian perusahaan yang diperhatikan oleh masyarakat luar dan relasi dari luar perusahaan. Oleh sebab itu kamu dituntut untuk selalu berpenampilan yang rapi karena penampilan akan memengaruhi penilaian orang lain tentang kamu maupun perusahaan. Semakin baik penampilan, semakin baik juga citra perusahaan di mata orang lain.

Baca juga: Kenapa Penampilan Menarik Jadi Syarat Penerimaan Karyawan? Ini Alasannya

7. Perluas Jaringan

Setiap kali Anda berkenalan dengan relasi baru dari perusahaan sahabat atau mitra kerja, usahakan Anda menyimpan kartu nama mereka atau kontak mereka untuk kepentingan bisnis di masa yang akan datang. Selalu berhubungan dengan baik dan berkomunikasi dengan  mitra dan klien juga sangatlah penting untuk menjaga keharmonisan bisnis.

Tugas Personal Assistant

Memang kini sudah banyak orang dari berbagai bidang pekerjaan yang menggunakan jasa personal assistant. Namun umumnya, memiliki tugas utama yang hampir sama. Berikut ini tugas umum seorang personal assistant.

  • Bertindak sebagai kontak orang pertama
  • Mengelola jadwal harian atasan seperti, mengatur pertemuan, mengatur jadwal pekerjaan, dan rapat penting
  • Berhubungan dengan staf, rekan kerja, dan klien sang atasan
  • Mempersiapkan keperluan perjalanan atau dinas
  • Mengingatkan atasan tentang tugas penting beserta tenggat waktunya.

Gaji Personal Assistant

YOTers pasti penasaran dan bertanya-tanya mengenai berapa sih gaji personal assistant? Nggak cuma personal assistant, pada umumnya gaji yang akan diberikan pada suatu bidang memang berbeda-beda.

Perbedaan ini tergantung dari beberapa aspek, mulai dari jenis personal assitant entah untuk direktur, CEO, atau publik figur, wilayah tempat bekerja, hingga job desk yang akan dikerjakan nantinya. Namun, kisaran gaji yang bisa kamu peroleh sebagai seorang personal assistant seperti yang disampaikan indeed.com yaitu mulai dari Rp4.500.000.

Sekarang kamu sudah tahu kan gambaran mengenai seluk beluk pekerjaan dan gaji personal assistant. Jadi gimana, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang PA? atau justru masih mikir-mikir lagi setelah mengetahui gambaran tugas dan gajinya? Tentunya sebelum memutuskan untuk bekerja di suatu bidang, kita perlu memahami lebih banyak informasi mengenai bidang tersebut ya, YOTers.

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan inspirasi seputar karir maupun bisnis, kamu bisa nih ikutan acara W-Summit (Women Summit).

Event yang diselenggarakan khusus untuk perempuan Indonesia ini akan menghadirkan perempuan-perempuan hebat dari berbagai bidang. Mereka akan sharing ilmu dan pengalamannya. Mulai dari pengalaman berkecimpung di dunia entertainment, wanita karir, pemimpin perusahaan, wirausaha, dan masih banyak lainnya.

Menarik banget kan? Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kamu  di sini gratis! Kamu juga bisa memenangkan 1 sepeda motor listrik Smoot dengan ikutan W-Summit dan subscribe YouTube Young On Top  terlebih dahulu.

Gak perlu nunggu lama, langsung aja klik gambar di bawah ini ya!

POSTER W SUMMIT

Dapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir & bisnis, dengan kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

3 thoughts on “7 Tips Penting agar Menjadi Personal Assistant yang Professional

  1. Pingback: Kerja Part Time: Pengertian, Jenis, Keuntungan serta Kelemahannya -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *