Suka Nulis? Ini Dia 5 Manfaat Nulis untuk Kesehatan!

Suka Nulis Ini Dia 5 Manfaat Nulis untuk Kesehatan! young on top

Kamu suka nulis? Keren! Atau masih ada yang gak suka nulis? Hmm kamu harus rajin nulis nih mulai dari sekarang. Karena ternyata nulis punya banyak manfaat untuk kesehatan lho. Apa aja manfaat nulis untuk kesehatan? Ini dia:

  1. Membantu memulihkan emosi

Menulis apa yang kita pikirkan dan rasakan setelah kita mengalami peristiwa traumatis bisa membuat luka fisik lebih cepat sembuh. Hal ini dibuktikan dari sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di Selandia Baru. Dimana dalam studi tersebut para peserta yang pernah mengalami biopsi kulit ditugaskan untuk menulis sebuah catatan mengenai pikiran terdalam tentang apapun selain perasaan dan keyakinan mereka. Hasilnya, mereka yang menulis tulisan ekspresif bisa pulih lebih cepat dibandingkan mereka yang dilarang menulis tentang perasaan mereka.

  1. Memperkuat sistem imun

Menuliskan emosi dan apa yang kita pikirkan bisa meningkatkan kemungkinan melawan beberapa penyakit seperti asma, rheumatoid arthritis, gangguan tidur hingga kanker. Menurut sebuah studi di Selandia Baru, 76% orang dewasa yang menulis jurnal tentang kegiataannya sehari-hari selama 20 menit per hari selama 3 hari berturut-turut sebelum menjalani biopsi bisa sembuh sepenuhnya pada hari ke-11. Terbukti kan kalo nulis bisa ngebantu pemulihan fisik lebih cepat.

  1. Mencegah stress dan membuat kita lebih bahagia

Menulis dipercaya bisa mengurangi frekuensi pikiran negatif dan bisa membuat kita lebih tenang. Gak hanya itu, menulis juga bisa membantu kita melepaskan emosi yang tertahan yang bisa memicu stress. Selain itu, dilansir dari Psychology Today, sebuah penelitian menunjukkan bahwa menulis tujuan dan impian masa depan bisa membuat seseorang lebih bahagia dan sehat.

  1. Mempertajam memori

Manfaat lainnya dari menulis adalah bisa membantu mempertajam memori kita dan menyaring informasi penting untuk diingat. Setiap harinya, otak menerima banyak informasi dan salah satu cara untuk mengingatnya adalah dengan menulis. Nah, menulis ini bisa mengaktifkan Reticular Activating System (RAS) di otak yang merupakan sistem untuk menyaring informasi. Sehingga, ingatan kita bisa mengingat informasi yang kita fokuskan.

  1. Membantu penderita insomnia untuk lebih mudah tertidur

Berdasarkan hasil yang dilakukan oleh para peneliti di Baylor University dalam studi Journal of Experimental Psychology mengatakan bahwa menulis bisa membantu seseorang untuk tidur lebih cepat. Spesifiknya, menulis hal-hal yang harus dilakukan. Hasilnya, orang-orang yang menulis daftar berbagai hal yang harus dilakukan tidur lebih cepat dibandingkan mereka yang menulis berbagai hal yang telah diselesaikan. Jadi, untuk kamu yang mengalami insomnia, cobalah untuk menulis agar lebih mudah untuk tertidur ya.

Oh ya, kalo kamu mau mulai nulis, kamu bisa nulis di Young On Top ya. Kalo udah punya akun YOTers, kamu hanya perlu login aja dan bisa mulai nulis di menu KOLOM YOTers. Kalo belom punya akun YOTers, kamu bisa buat dulu akunnya di youngontop.com/yoters ya! Setelah buat akunnya, kamu bisa langsung nulis artikel. Gampang banget kan!

Semakin banyak nulis, semakin banyak inspirasi yang kamu bagiin ke jutaan anak muda Indonesia. Yuk mulai nulis di Young On Top sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *