Sinopsis buku Young on Top New Edition

sinopsis ini dibuat sebagai persyaratan untuk menjadi Young on Top Campuss Ambassador batch 5
 
 
Dalam bukunya, Billy Boen memberikan pelajaran kepada kita  bahwa berada di karier puncak adalah impian dan hak semua orang. Kita bisa mencapai kesuksesan di usia muda. Namun untuk mencapai itu semua tidak ada cara yang instan. Untuk mencapai kesuksesan di usia muda diperlukan karakter yang baik dan profesionalitas, karena karier kita dibangun oleh diri kita sendiri. Bagaimana untuk membentuk karakter tersebut?
Dalam buku Young on Top New Edition ini, Billy Boen menjelaskan 35 kunci sukses di usia muda dengan di bagi menjadi 3 bagian.
 
Pada Bagian pertama, ia menjelaskan tentang pentingnya memiliki passion, mencintai pekerjaan kita, membangun motivasi diri, optimis, selalu bersyukur dan keyakinan yang kuat untuk melakukan sesuatu. Semua bisa dilakukan apabila kita bersyukur atas apa yang kita miliki. integritas juga perlu dimiliki karena dengan adanya integritas yang baik dalam diri kita, maka kita akan menikmati arti kesuksesan yang sesungguhnya.
 
Open minded dan Dream and Think big, semakin bisa memiliki pikiran yang terbuka maka semakin kita bisa memperbaiki kekurangan yang kita miliki dan bisa menjadi orang yang lebih baik agar orang lain respect terhadap kita. Mungkin kita sering menghadapi kesulitan untuk respect ini, namun jangan pernah putus asa. Rintangan –rintangan akan selalu ada dalam mencapai sebuah kesuksesan dengan mengendalikan diri kita agar tidak mudah menyerah karena selalu ada hasil di setiap usaha yang telah kita lakukan. Just perform atau fokus lah terhadap impian kita karena pada saat melakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati dan semaksimal mungkin kita bisa menyelesaikan sesuatu dengan cepat dan tepat. Be calm dan be smart juga merupakan hal yang sangat membantu dalam proses kesuksesan.
 
Pada bagian kedua, ia menjelaskan mengenai berbagai hal  penguasaan dalam bidang pekerjaan.  Speed & automatic progress update report, yang diperlukan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Orientasi terhadap detail yang juga diperlukan untuk mendapatkan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. The big picture yang dibutuhkan pada saat menciptakan konsep dan juga pada saat mencari solusi terhadap suatu permasalahan agar tidak hanya fokus terhadap masalahnya saja tetapi menganalisa masalah tersebut terlebih dahulu agar tidak membawa kita ke masalah baru pada kemudian hari. Positive thinking bahwa beripikir positif diperlukan supaya kita bisa mendapatkan jalan keluar dari suatu masalah yang sebelumnya mustahil untuk dicapai.
 
Menjadi seorang yang kreatif dalam mengerjakan segala hal dengan harus memiliki keinginan untuk menjadi lebih baik lagi dan lagi hingga akhirnya tanpa disadari kita telah menantang diri kita untuk berpikir secara kreatif. Semakin otak kita ditantang untuk terus menerus berpikir, maka otak kita menjadi kreatif.  Bring solutions, not problem, ajaran yang dapat dicapai ketika menerapkan hal tersebut adalah kita akan belajar untuk menjadi lebih kristis menganalisis permasalahan dan kreatif untuk mencari alternatif solusi terhadap suatu permasalahan. 
 
Do Not Assume, Jangan berasumsi adalah kunci untuk menghindari kesalahpahaman. Bertanya lebih baik daripada menebak-nebak dan kita akan mendapatkan petunjuk. Make a lot of friends,  agar dapat belajar banyak dari mereka, tidak boleh pilih-pilih dalam berteman yang memiliki sisi baik dan sisi buruk sebab kita bisa belajar dari keduanya. Learn from mistakes yaitu, kesalahan tidak berarti apa-apa jika kita tidak belajar darinya. Semua kesalahan sesungguhnya adalah kesempatan untuk sukses pada masa yang akan datang. Fair dan objective dalam mengambil keputusan, yaitu mempertimbakangkan baik dan buruknya suatu hari nanti untuk keputusan yang kita ambil. Urgent and Important yaitu, bertindaklah cepat dalam waktu yang singkat ketika menyelesaikan hal yang urgent. Dan, bertindaklah berdasarkan ketepatan dalam menyelesaikan yang important. Show Leadership dengan meiliki syarat kepercayaan diri, fokus dan komitmen.
 
Masuk ke bagian ketiga yang berisi tentang semangat untuk tidak mudah puas terhadap apa yang sudah di capai (ekstra mile). Selalu berusaha untuk belajar dan mengembangkan kemampuan diri secara maksimal, memiliki keberanian untuk melakukan sesuatu, berani bertanggung jawab dan mengakui kesalahan, selalu memberi dan menerima krtitikan yang membangun, memiliki rasa humor dan disertai sikap rendah hati serta menjadi manusia yang bijaksana
 
Yang saya sukai dalam buku ini adalah karena buku ini sangat menarik dan sangat pas di baca untuk saya sebagai mahasiswa yang sebentar lagi akan memasuki dunia kerja. Walaupun saya tidak ingin kerja kantoran, saya ingin memiliki usaha sendiri, tapi sebelum saya memiliki usaha sendiri saya harus bekerja untuk mencari biaya untuk modal usaha nanti. Dengan buku young on top new edition ini, membantu saya untuk menjadi pribadi yang disiplin, tepat waktu, bertanggung jawab yang bisa dilakukan oleh para pemimpin biasanya sehingga apabila lulus kuliah nanti, ketika saya diterima kerja di suatu perusahaan saya akan menerapkan hal-hal yang dilakukkan Billy dalam bukunya agar menjadi seseorang yang baik dalam berkarir.
 
SEE YOU ON TOP
 
Diposkan oleh Saskia Salmanida Nabila
 
Sumber : http://saskiasalnab.blogspot.co.id/2014/03/sinopsis-buku-young-on-top-new-edition.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *