5 Tips Kelola Stress Saat Pandemi

5 Tips Kelola Stress Saat Pandemi young on top

Udah sekian lama di rumah karena adanya pandemi gak menutup kemungkinan bisa memicu stress. Ditambah lagi kita menerima informasi baik di media sosial ataupun berita online terkait pandemi yang bisa memicu stress berkelanjutan. Untuk mengelola rasa stress saat pandemi ini, Young On Top punya beberapa tips untuk kalian yang dilansir dari berbagai sumber. Ini dia:

  1. Tetap berkomunikasi dengan orang luar

Adanya himbauan physical distancing tentunya mengharuskan kita di rumah aja. Hal ini tentunya membatasi komunikasi kita dengan orang lain yang gak tinggal serumah dengan kita. Maka dari itu, penting untuk tetap berkomunikasi dengan teman-teman lewat video atau voice call. Dengan bercerita kepada orang lain, tentunya akan mengurangi beban pikiranmu dan bisa mengurangi stress yang kamu alami.

  1. Meditasi

Meditasi berguna untuk menjaga ketenangan batin dan membuatmu rileks. Lakukan meditasi setiap hari dengan durasi 10-30 menit. Selain itu, meditasi juga mempunyai manfaat lain, yaitu bisa meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Siapkan me-time

Dalam satu hari setidaknya jadwalkan me-time 30-60 menit sehari yang tujuannya untuk mengurangi tingkat stress yang kamu alami. Salah satu caranya adalah dengan melakukan hobi atau mengerjakan hal-hal yang kita suka. Pastikan selama me-time ini kamu lepas dari urusan pekerjaan ya.

  1. Rajin bergerak meski di dalam rumah

Tips lainnya adalah dengan tetap bergerak di rumah. Misalnya dengan beres-beres rumah, masak, atau olahraga. Alihkan rasa stress dengan berkegiatan. Karena, dengan tetap berkegiatan ini pikiranmu akan teralihkan dan bisa mengurangi tingkat stress.

  1. Hindari hal yang bisa memicu stress berkelanjutan

Terakhir adalah kurangi hal-hal yang bisa memicu stress berkelanjutan. Misalnya dengan menjauhkan diri dari media sosial ataupun berita online terkait pandemi ini. Batasi waktu bermain media sosial jika kamu merasa sumber stress kamu berasal dari sana. Tapi, bukan berarti kamu gak update berita atau informasi mengenai corona ya. Tetap update berita terkini mengenai corona dengan mengaksesnya dari sumber yang terpercaya.

Nah itu dia tips mengelola stress saat pandemi. Pastikan kamu juga tahu beberapa gejalanya ya. Dilansir dari halodoc, gejala stress karena pandemi diantaranya takut dan khawatir akan kesehatan diri sendiri dan orang lain yang kita cintai, perubahan pola tidur atau makan, sulit tidur atau berkonsentrasi, memburuknya masalah kesehatan kronis sampai meningkatnya penggunaan alkohol, tembakau atau obat-obatan lainnya.

Tapi, ngebahas gimana cara mengelola stress saat pandemi ini gak afdol rasanya kalo kita gak ngebahas ini sama ahlinya. Yuk kita bahas lebih dalam bareng ahlinya di Inspira Webinar presented by by.U: ‘Mengelola Stress Saat Pandemi Melanda’ bareng Adjie Santosoputro, Mindfulness Practitioner, hari Kamis, 7 Mei 2020, pukul 16.00 WIB. Ini dia detail acaranya:

Yuk daftarin diri kamu sekarang di youngontop.com/webinar. Cuma dengan Rp 10.000 aja kamu bisa dapetin ilmu gak terbatas dari ahlinya. Oh ya, kamu juga bisa dapetin e-certificate lho!

Nah ada diskon 50% nih untuk kamu pelanggan by.U dengan kode semuanyasemaunya dan tiket yang kamu beli sudah termasuk donasi ke YOT Share Ramadhan lho!

Yuk registrasi sekarang juga di youngontop.com/webinar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *