5 Manfaat Meditasi saat Pandemi, Bisa Bantu Lawan Penyakit Lho!

Menghadapi masa pandemi seperti sekarang ini gak menutup kemungkinan bisa memicu stress dan menurunnya daya tahan tubuh yang membuat kita rentan terkena berbagai penyakit. Meditasi adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi tingkat stress. Selain itu, meditasi juga memiliki manfaat lainnya, terutama di saat pandemi seperti ini. Apa aja? Ini dia:

  1. Mengurangi Kecemasan dan Stress

Baca berbagai berita atau scrolling media sosial terkait pandemi tentunya bisa menimbulkan kecemasan yang dapat memicu stress. Dilansir dari hellosehat, saat stress kadar hormon kortison di dalam tubuh akan meningkat dan tubuh akan melepaskan bahan kimia perangsang peradangan yang disebut sitokin. Sitokin ini bisa membuat kita depresi dan cemas sehingga membuat kita rentan terkena penyakit. Meditasi terbukti bisa menghilangkan rasa cemas ini. Hal ini juga dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan New York University. Hasil penelitian mereka menemukan bahwa meditasi 15 menit per hari selama delapan minggu berturut-turut bisa membantu kita mengurangi kelelahan dan kecemasan.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meditasi juga bisa membantu kita melawan berbagai penyakit, seperti flu dan pilek. Ini tentunya penting banget apalagi di kondisi pandemi seperti ini, dimana flu dan pilek jadi salah satu gejala tertular Covid-19. Hal ini didukung dengan sebuah studi yang mengatakan bahwa orang yang berolahraga dan meditasi lebih cepat sembuh dari flu atau pilek dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Rasa cemas yang timbul karena adanya pandemi juga bisa berimbas kepada sulit tidur di malam hari. Meditasi adalah salah satu cara untuk mengatasi insomnia. Hal ini dibuktikan dengan sebuah studi yang membandingkan dua kelompok peserta, yaitu yang mengikuti program meditasi dan tidak. Hasilnya, peserta yang mengikuti meditasi bisa tidur lebih cepat dan nyenyak dibandingkan yang tidak meditasi. Periset berpendapat bahwa meditasi bisa menenangkan pikiran seseorang dan melepas ketegangan tubuh, sehingga kita bisa lebih rileks dan tidur lebih baik.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Cemas dan stress berlebihan juga bisa memicu darah tinggi. Dilansir dari doktersehat, tekanan darah tinggi membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah yang berakibat pada gangguan fungsi jantung. Meditasi jadi salah satu cara untuk mengurangi ketegangan pada jantung. Hal ini juga diungkapkan oleh dr. Herbert Benson dari Harvard Mind Body Medical Institute yang mengatakan bahwa meditasi bisa melancarkan peredaran darah ke otak dan bisa menghilangkan stress.

  1. Baik untuk Kesehatan Mental

Meditasi juga bermanfaat untuk membuat pandangan hidup seseorang lebih positif. Hal ini dibuktikan oleh jurnal Behavioral Brain Research pada 2019 lalu yang menunjukkan bahwa meditasi yang dipandi mampu meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan hidup seseorang. Tentunya poin 5 ini bisa terbukti jika kita melakukan meditasi dengan sepenuh hati agar bisa fokus.

Nah itu dia 5 manfaat meditasi saat pandemi seperti saat ini. Luangkan waktu selama 15 menit setiap hari untuk meditasi. Lakukan meditasi di tempat yang tenang di rumah ya agar kamu bisa fokus.

Oh iya, ngomongin soal meditasi, gak afdol rasanya kalo kita gak ngebahas ini sama ahlinya. Yuk kita bahas lebih dalam bareng ahlinya di Inspira Webinar presented by by.U: ‘Mengelola Stress Saat Pandemi Melanda’ bareng Adjie Santosoputro, Mindfulness Practitioner, hari Kamis, 7 Mei 2020, pukul 16.00 WIB. Ini dia detail acaranya:

Inspira Webinar Adjie Santosoputro Stress Saat Pandemi Melanda young on top

Yuk daftarin diri kamu sekarang di youngontop.com/webinar. Cuma dengan Rp 10.000 aja kamu bisa dapetin ilmu gak terbatas dari ahlinya. Oh ya, kamu juga bisa dapetin e-certificate lho!

Nah ada diskon 50% nih untuk kamu pelanggan by.U dengan kode semuanyasemaunya dan tiket yang kamu beli sudah termasuk donasi ke YOT Share Ramadhan lho!

Yuk registrasi sekarang juga di youngontop.com/webinar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *