Self-talk, Bentuk Menghargai dan Mencintai Diri Sendiri

Self-talk, Bentuk Menghargai dan Mencintai Diri Sendiri young on top

“Hai, terima kasih diriku karena telah berjuang bersamaku melewati berbagai masa sulit hingga bisa bertahan sampai sekarang”

Pernahkah kamu berbicara pada dirimu sendiri saat menghadapi berbagai situasi? Itu dinamakan dengan self-talk, dimana ternyata punya banyak manfaat lho. Karena, self-talk yang kita ucapkan, baik di dalam hati ataupun dengan suara bisa menjadi sugesti untuk diri kita. Kalau kita mengatakan hal baik, tentu akan menjadi sugesti yang positif. Begitu juga sebaliknya.

Ethan Kross Ph.D yang juga Professor of Psychology University of Michigan dalam makalahnya yang dirilis di tahun 2014 mengatakan bahwa self-talk bisa membuat kita merasa lebih baik tentang diri kita sendiri dan menanamkan kepercayaan diri yang bisa membantu kita melewati tantangan yang berat. Tapi, tentunya kita harus mengatakan kata-kata yang tepat supaya ini berhasil.

Gak hanya itu, self-talk juga punya banyak manfaat lain. Kross menambahkan, dengan self-talk kita akan tampil lebih baik meski berada di bawah tekanan dan bisa membantu kita mengendalikan emosi serta bernalar lebih bijaksana. Self-talk juga bisa meningkatkan daya ingat dan melatih otak kita. Karena, dengan mendengar suara diri kita sendiri, konsep pemikiran kita akan tersusun lebih rapih. Contohnya saat kita mau presentasi. Kalo kita latihan sebelumnya dengan ‘bersuara’, maka materi presentasi akan lebih menempel di otak kita. Iya nggak?

Self-talk juga punya manfaat lainnya. Dilansir dari pijarpsikologi.org, manfaat self-talk lainnya adalah mudah berdamai dengan situasi yang tidak bisa kontrol, menyelamatkan diri dari stres, meningkatkan performa, menjadi pribadi dengan positive vibes only dan membantu diri melakukan self-reflection. Jadi kita juga bisa tau kekuatan diri apa yang patut dipertahankan dan kekurangan diri kita yang bisa diperbaiki.

Nah, untuk menghargai dirimu sendiri, coba deh lakukan self-talk mulai dari sekarang. Tapi inget, harus yang positif ya kata-katanya. Kalo self-talk nya isinya menyalahkan diri sendiri, atau kata-kata negatif lain sih malah bisa nambah beban pikiran kamu nantinya. Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *