Digital Marketing, Cara Biar Bisnis Kamu Tetap Eksis Saat Pandemi

Digital Marketing, Cara Biar Bisnis Kamu Tetap Eksis Saat Pandemi young on top

Gak dipungkiri dengan adanya himbauan di rumah aja selama masa pandemi COVID-19 ini membuat pola konsumsi dari offline ke online terjadi sangat signifikan. Membeli barang secara online semakin meningkat, termasuk menghibur diri secara online juga semakin banyak peminat. Hal ini juga didukung oleh survei sentimen konsumen di Indonesia yang dilakukan oleh McKinsey & Company yang menyatakan adanya kenaikan pengeluaran 47% untuk servis hiburan secara online di rumah selama pandemi COVID-19.

Kalau mungkin kita berpikir industri yang mengalami kenaikan bisnis selama pandemi ini hanya di sektor industri makanan, minuman, kesehatan dan logistik aja, ternyata ada sektor bisnis lain juga yang mengalami peningkatan. Menurut survei McKinsey & Company, selain sektor industri tadi, aplikasi belajar online (47%) dan fitness/personal training (38%) juga banyak diakses sama orang-orang selama pandemi ini.

Nah, dengan melihat shifting dari offline ke online yang terjadi sangat signifikan ini, tentunya untuk kamu yang punya bisnis harus punya strateginya supaya bisa memasarkan produk atau jasa kamu dengan maksimal. Caranya tentu dengan digital marketing. Kamu bisa menawarkan produk kamu di e-commerce atau media sosial. Tapi, tentunya gak semudah itu karena kita juga harus bersaing dengan ribuan produk atau jasa sejenis dengan kita. Ini dia beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk produk atau jasa yang kamu tawarkan:

  1. Promo produk, misalnya dengan bonus produk lain setiap pembelian di atas nominal tertentu atau bisa juga menawarkan free delivery.
  2. Rajin posting konten di media sosial, supaya reach-nya juga semakin luas.
  3. Minta bantuan teman untuk mempromosikan bisnismu.
  4. Jangkau berbagai platform, misalnya Twitter, Facebook dan Instagram. Tapi kalo gak mampu kelola semuanya, lebih baik pilih salah satu yang penting maksimal. Bisa juga berjualan di e-commerce.
  5. Berkolaborasi melalui campaign, misalnya dengan membeli produk juga memberikan donasi.

Tapi, digital marketing juga gak sesempit itu, mengingat jangkauan yang dapat diraih oleh platform digital juga luas. Maka perlu strategi yang lebih matang untuk eksekusinya. Tentu kita harus belajar sama ahlinya, apalagi strategi marketing saat pandemi COVID-19 ini pasti juga berbeda dengan kondisi normal.

Terus, seperti apa sih strategi marketing yang tepat untuk memasarkan bisnis kita di saat pandemi COVID-19 ini? Yuk belajar sama ahlinya di Inspira Webinar #MakinPintardiRumah: ‘Strategi Marketing Saat Pandemi COVID-19’ bareng Karin Zulkarnaen, CMO Allianz Indonesia, hari Rabu, 13 Mei 2020, pukul 16.00 WIB. Ini dia detail acaranya:

Yuk daftarin diri kamu sekarang di youngontop.com/webinar. Cuma dengan Rp 10.000 aja kamu bisa dapetin ilmu gak terbatas dari ahlinya.

Oh ya, kamu juga bisa dapetin e-certificate dan tiket yang kamu beli sudah termasuk donasi ke YOT Share Ramadhan lho!

Yuk registrasi sekarang juga di youngontop.com/webinar! Jangan lupa ajak teman, pacar, sahabat, gebetan, saudara, tetangga, semua yang kamu kenal deh pokoknya, biar ngabuburichnya makin produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *