5 Brand Lokal yang Rilis Produk Masker Kain saat Pandemi, Unik dan Inspiratif!

Banyak banget brand lokal di Indonesia yang turut serta berkontribusi dalam mencegah penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah dengan memproduksi masker kain yang tentunya dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan serta desain yang menarik. Bahkan, dari penjualan masker ini juga sebagian atau seluruhnya didonasikan untuk membantu para tim medis yang menjadi garda terdepan selama pandemi Covid-19 ini.

Baca juga:

Keren! Ini Dia Brand Lokal yang Punya Konsep Sustainable Fashion

Mengapa Brand Butuh Branding

Brand Sepatu Lokal yang Berhasil Go Internasional

Apa aja brand lokal tersebut? Ini dia:

  1. Sejauh Mata Memandang

Label fashion lokal, Sejauh Mata Memandang memproduksi masker kain dengan memanfaatkan sisa bahan produksi, sehingga lebih ramah lingkungan. Gak hanya itu, bersama dengan Yayasan Dian, Tulus Company dan Mata Studio, label fashion lokal yang eco-friendly ini juga menyisihkan uang dari setiap pembelanjaan produk di Sejauh Mata Memandang untuk pembelian masker medis guna melawan pandemi Covid-19 yang disalurkan melalui WeCare.ID. Keren ya, bisa jaga kesehatan, jaga bumi sekaligus berdonasi lewat masker milik Sejauh Mata Memandang ini.

  1. Cotton Ink

View this post on Instagram

Masker Kain/ Cloth Mask : seberapa efektif ya? Di tengah pandemi Covid-19 ini salah satu barang yang menjadi incaran semua orang adalah masker. Masker surgical/ medical grade jadi luxury, dimana harganya tinggi sekali. Belum rumah sakit susah mendapatkannya karena diborong kaum awam. Maka banyak, ga cuma di Indonesia tapi di dunia, mulai ada gerakan menggunakan masker kain bagi yang sehat. Sehingga kelangkaan masker utk tim nakes bisa teratasi pelan-pelan. Tapi seberapa efektif sih? Ya kalau dibandingkan dengan masker surgical/medis pasti jauh, karena di dalam masker surgical ada material “meltblown” yang pori2nya kecil. Dibandingkan dengan kain katun yang lebih ada porinya. Akan tetapi tentu saja memakai masker kain akan lebih banyak untungnya daripada tidak sama sekali. Selain menghalangi debu/polutan masuk, dia juga menghalangi agar kita tidak memegang2 muka kita yang merupakan tempat virus masuk. Selain itu mengurangi terpapar dari droplet virus, karena masker kain, contohnya yg kami buat, ada 2 lapis dan ditengahnya bisa diselipkan tissue/ masker surgical (agar masker surgical ga sekali buang ya tapi beberapa kali) Dukunglah para fashion brand yang sekarang mulai membuat masker ini sebagai salah satu sumber pendapatan baru juga. Di @cottonink , kamu bisa mendapatkan 1 pack isi 4 dngan harga 50.000 – motifnya campur-campur sehingga gausa kuatir tertukar dengan family member lain atau yang sudah dicuci/blm dicuci. Saya pun sudah memakainya beberapa hari ini sebagai testing dan cukup puas dengan maskernya. Masker @cottonink tersedia dalam 3 model: yang terbaru tie-up (diikat sendiri, bisa utk regular/hijab), earloop dan headloop (biasanya untuk hijab). . Selain itu, masker kain print @cottonink motifnya lucu-lucu membuat hati senang, dan memudahkan menemukan suami di tengah orang2 lain yang pake masker ketika kita lagi grocery shopping 👌🏻 . . #youxcottonink #clothmask #maskerkain #maskerkainhijab

A post shared by Carline Darjanto (@carlinedarjanto) on

Cotton Ink juga memproduksi masker yang dijual dengan harga yang cukup murah, yaitu 1 pack (berisi 4 masker) dengan harga Rp 50.000. Serunya lagi, motifnya pun beragam dalam 1 pack untuk menghindari masker tertukar kepemilikannya satu sama lain. Cotton Ink merilis masker kain dalam 3 model, yaitu tie-up, earloop dan headloop. Oh ya, masker yang diproduksi Cotton Ink juga memiliki 2 lapisan yang di tengahnya bisa diselipkan tissue atau masker kesehatan untuk perlindungan diri yang lebih maksimal.

  1. Bateeq

View this post on Instagram

Melihat adanya kelangkaan masker kesehatan sekali pakai (3 lapis) di pasaran, dan bahwa masih banyak orang sehat yang memakai masker kesehatan tersebut, maka kami berinisiatif untuk memproduksi masker kain. Masker kain kami sudah kami gunakan untuk karyawan2 kami di kantor dan pabrik. Masker kain yang kami produksi berlapis dua dan bisa diberi filter 1 helai tissue didalamnya (menjadi 3 lapis). Walaupun masker ini BUKAN pengganti masker kesehatan, tetapi berguna untuk orang sehat yang ingin mencegah dan menghindari debu, polusi dan mengurangi percikan yang tersebar ketika mereka berbicara, bersin atau tersedak. Material masker kami dibuat dari 100% katun dengan Motif batik dan dapat dicuci & dipakai berulang-ulang. Semoga dengan langkah ini, masker kesehatan sekali pakai lebih dapat tersedia dan dipakai oleh petugas medis maupun orang yang sakit. Untuk info lebih lanjut dan pemesanan, silakan menghubungi Customer Service kami di 082137392222, dengan ketentuan: – Motif Acak @ Rp 20.000,- / Pack (Isi 5 Masker) – Motif Milih @Rp 25.000 / Pack (Isi 5 Masker) Harga diatas Tidak tmsk ongkos Kirim Note : Untuk setiap 1Pack (5pcs) Masker akan diberikan 2 tali extra untuk Hijab #clothmasksforthehealthy #kalosehatmaskerkainaja

A post shared by shopbateeq (@shopbateeq) on

Sesuai nama brand-nya, masker kain yang diproduksi punya motif batik yang keren-keren. Bahannya pun dibuat dari 100% katun atau katun polyster yang bikin kita nyaman saat menggunakannya. Sama seperti Cotton Ink, masker yang diproduksi Bateeq juga memiliki 2 lapisan sehingga bisa diselipkan tissue atau masker kesehatan untuk perlindungan ekstra. Harganya juga murah lho, Cuma Rp 20.000 – Rp 25.000 per pack (isi 5 masker) dan dengan membeli masker ini kamu turut serta membantu Bateeq untuk menyumbangkan masker kepada Palang Merah Indonesia (PMI) dan partner dari UKM Bateeq. Keren!

  1. BINZU

Masker kain dari brand lokal lainnya adalah BINZU. Masker kain yang diproduksi BINZU juga memiliki dua lapis yang bisa diselipkan tissue atau masker kesehatan untuk perlindungan diri yang lebih maksimal. Oh ya, masker kain BINZU diproduksi secara manual dengan menggunakan teknik pewarnaan shibori yang membuat corak masker kain BINZU menjadi unik. BINZU menggunakan pewarna alami Indigo sehingga aman untuk dicuci dan digunakan berulang kali.

  1. GHEA Studio

View this post on Instagram

Fabric Face Mask is The New Fashion! GHEA Fashion Studio turut mendukung himbauan penggunaan masker non-medis sebagai tindakan preventif penyebaran virus Covid-19. Penggunaan face mask dapat melindungi kita dan sekitar kita. GHEA Face Mask dibuat dari bahan kain dengan motif-motif khas GHEA, sehingga penggunanya dapat merasa aman, nyaman, dan tetap tampil stylish serta ramah lingkungan. Bahan yang kami pakai adalah katun atau satin (sesuai persediaan motif) dan didesain reversible (bolak-balik). Face mask ini dapat dipakai beberapa kali dan dicuci, disarankan dicuci setelah 3 kali pemakaian. Setiap pembelian GHEA face mask akan mendapatkan Love Cure 2 in 1 Serenity Spray yang dapat digunakan sebagai hand sanitizer dan purifying spray, yang organik dengan aroma lavender & lemongrass. Pemesanan (pre order) dapat dilakukan via whatsapp di nomor +62895331306945. Notes : Motif sesuai persediaan, tidak dapat dipilih Stay healthy & stay happy ❤❤ Love, GHEA Fashion Studio #dirumahbersamaGHEA #GHEA40yearsandbeyond #loveinthetimeofcorona #fashionablefacemask #facemask #stayathome

A post shared by Ghea Fashion Studio (@gheafashionstudio) on

Label fashion lokal lainnya yang juga memproduksi masker kain adalah GHEA Studio. Dibuat dengan bahan kain dan motif khas GHEA, kamu gak hanya tampil stylish tapi juga turut serta menyelamatkan lingkungan. Karena, bahan yang digunakan adalah katun atau satin yang didesain reversible atau bolak-balik. Oh ya, setiap pembelian GHEA face mask ini kamu juga akan mendapatkan Love Cure 2 in 1 Serenity Spray yang dapat digunakan untuk hand sanitizer dan purifying spray. Gak hanya itu, bekerjasama dengan Gelang Harapan, setiap penjualan masker GHEA akan didonasikan untuk Alat Pelindung Diri (APD) bagi tim medis.

Nah itu dia 5 brand lokal yang memproduksi masker kain selama pandemi ini. Selain 5 brand lokal di atas, masih banyak brand lokal lainnya yang memproduksi masker kain. Gak hanya untuk melindungi diri, tapi juga melindungi orang lain bahkan kamu juga turut serta berdonasi. Keren ya! Yuk kita turut berkontribusi nyata untuk brand lokal dengan membeli produk-produk mereka!

Yuk Tes Pengetahuanmu! Seberapa Tahu Kamu Tentang Brand?

Kuis ini terdiri dari 10 pertanyaan dan tanpa batas waktu. Selamat menguji pengetahuanmu mengenai brand!

One thought on “5 Brand Lokal yang Rilis Produk Masker Kain saat Pandemi, Unik dan Inspiratif!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *