4 Tantangan Besar Kawula Muda

4 Tantangan Besar Kawula Muda

Pada 40 tahun ke depan, dunia akan dihadapkan pada empat kekuatan besar, yaitu bonus demografi, permintaan sumber daya alam, perubahan iklim, dan globalisasi. Oleh karena itu, kawula muda saat ini memegang peranan penting terhadap keberlangsungan negara di masa depan.

Pesan itu disampaikan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab di hadapan para wisudawan D-3 hingga S-3 UNY periode Februari 2014. Dia mengungkap, pada 40 tahun mendatang, mayoritas wisudawan yang sekarang berada di usia 20-30 tahun akan memasuki kondisi tersebut ketika berada pada ujung usia dewasa maupun awal lanjut usia.

"Agar Anda semua tidak menjadi objek perubahan waktu dan era, maka dengan modal kesarjanaan Anda dan keahlian Anda, kami berdoa, Anda dapat memainkan peran sangat penting karena berada di usia matang dan senior. Semoga Anda semua tetap bisa eksis dan menjadi rujukan bagi lainnya untuk menghadapi persoalan hidup di saat kelak,” imbuh Rochmat, seperti dinukil dari laman UNY, Selasa (4/3/2014).

Tidak hanya itu, Rochmat juga berharap para wisudawan mampu mengaktualisasikan potensi dan keahlian mereka. Sehingga mereka selalu siap menjadi subyek dalam perjalanan hidup dan dinamika perkembangan zaman.

"Dengan bermodal pada kecakapan yang dimiliki, di samping life skillsdalam konteks ini perlu mencakup spiritualitas. Artinya dalam kehidupan masa kini dan masa depan, setiap individu harus mampu menunjukkan integritas kepribadian yang sangat diwarnai dengan kondisi spiritualitas mereka," tuturnya.

Wisuda periode Februari 2014 itu diikuti oleh 1.250 lulusan dengan rincian mahasiswa S-3 11 orang, S-2 78 orang, S-1 Kependidikan 904 orang, S-1 Non-Kependidikan 194 orang, dan D-3 Non-Kependidikan 63 orang. Mereka tersebar di berbagai fakultas di UNY, yakni Program Pascasarjana sebanyak 89 orang, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 176 orang, FMIPA 184 orang, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) 242 orang, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) 92 orang, Fakultas Teknik (FT) 199 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 149 orang, dan Fakultas Ekonomi (FE) 119 orang.

 

Sumber : http://news.okezone.com/read/2014/03/04/373/949718/4-tantangan-besar-kawula-muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *