5 Tips Cara Mencuci Celana Jeans Agar Awet

5 Tips Cara Mencuci Celana Jeans Agar Awet

Celana jeans merupakan salah satu busana yang hampir dimiliki setiap orang, baik itu pria maupun wanita. Gayanya yang casual, sangat digemari mereka yang ingin tampil trendi dan pas dipadukan dengan atasan apa saja. Seperti kaos, kemeja, bahkan blus. Penampilan Anda pun semakin menarik dan enerjik tatkala mengenakan celana berbahan jeans dalam keseharian.

Namun, mencuci celana jeans adalah pekerjaan yang cukup melelahkan. Apalagi, Anda mencucinya dengan cara manual (hand washing). Seperti yang kita ketahui, celana jeans yang tercelup ke dalam air biasanya memiliki bobot sekitar 3x lipat! Wow, yang pasti mencuci secara manual akan menguras waktu serta tenaga Anda.

Banyak yang menghindari mesin cuci untuk mencuci celana jeansnya dengan alasan agar celana jeansnya tidak mudah rusak serta awet. Tetapi, mengingat kesibukan Anda yang luar biasa, pastinya sering tak ada waktu untuk mencuci celana jeans Anda secara manual dan memutuskan mencucinya dengan mesin cuci. Jalan ini ditempuh agar lebih praktis serta menghemat waktu.

Tahukan Anda, cara praktis yang Anda gunakan tentunya memiliki resiko celana jeans Anda cepat rusak. Lalu, bagaimana cara mencuci jeans dengan mesin cuci yang dapat membuatnya lebih awet dan tak mudah rusak.

 

Shopious punya solusinya! Cara mencuci celana jeans agar tak cepat rusak cukup mudah lho, Anda bisa mulai mangaplikasikan tips-tips berikut:

  1. Balik Celana Jeans Anda

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum memasukkan celana jeans Anda ke dalam mesin cuci adalah membalik celana jeans Anda terlebih dahulu. Pastikan bagian dalam berada di luar, sehingga membantu mencegah pemudaran warna. Karena, bagian dalam celana jeans inilah yang nantinya akan dicuci lalu dibilas.Jika terdapat noda, maka bagian dalam inilah yang nantinya akan dihajar oleh detergen/sabun cuci Anda.

  1. Kurangi Muatan Cucian

    Celana jeans biasanya lebih kotor dari cucian dengan bahan lainnya, sehingga membutuhkan ruang yang lebih banuak agar proses pencuciannya lebih efektif. Ada baiknya Anda mengurangi jumlah muatan cucian yang Anda masukkan.
    Bisa saja Anda memasukkan sabun lebih banyak, namun cara ini justru tidak hemat. Kotoranpun sulit dibuang keluar jika muatan terlalu banyak.

  1. Sesuaikan Mode Mesin Cuci Anda

    Gunakan mode gentle saja saat mencuci celana jeans Anda, karena sekuat apapun mode yang Anda gunakan, celana jeans tetaplah berbahan kain yang mudah rapuh dan kusam jika dicuci terus menerus. Sesuaikan mode mencuci di mesin cuci Anda agar tak salah penanganan.

  1. Hindari Pemakaian Pemutih

    Hati-hati saat menggunakan detergen, pastikan Anda tak menggunakan detergen yang mengandung pemutih saat mencuci celana jeans Anda. Meski sedikit sekalipun, detergen pemutih akan membuat warna celana jeans Anda cepat pudar.Kalau perlu, gunakan detergen yang khusus menjaga warna kain tetap awet.

  1. Jangan dikelantang!

    Kebiasaan menjemur pakaian di bawah sinar matahari yang terik perlu Anda hindari. Meskipun membuat baju Anda cepat kering, sebaiknya Anda tidak melakukannya terutama pada celana jeans Anda. Karena, celana jeans akan cepat pudar warnanya dan materi kain akan cepat kasar.

 

Ada baiknya Anda memilih area di rumah yang rindang namun tetap memiliki akses angin yang cukup untuk proses pengeringan.

Nah, itu tadi 5 Tips Cara Mencuci Celana Jeans Agar Awet dari Shopious untuk Anda. Celana jeans akan lebih awet dan tahan untuk Anda kenakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Satu lagi, lebih baik Anda tidak menyetrika celana jeans agar tidak cepat pudar.

Selamat mempraktikkan!

 

Sumber : http://blog.shopious.com/tips-merawat-barang/5-tips-cara-mencuci-celana-jeans-agar-awet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *