Langkah Nyata Untuk Pendidikan di Papua

Langkah Nyata Untuk Pendidikan di Papua
Apa itu #Untukpapua? Siapa yang berada di dalamnya? Apa yang mereka lakukan selama di Papua? Mungkin hal ini sering kami dengar dari sekeliling kami mengenai #Untukpapua.
 
Komunitas #Untukpapua berdiri pada tanggal 1 September 2013 yang diinisiasi oleh tujuh orang founder yang berasal dari Universitas Gadjah Mada namun berbeda jurusan dan fakultas. Hal ini diawali oleh founder utama yaitu Fajar Surya selaku ketua dari komunitas #Untukpapua yang selalu berdiskusi dengan berbagai pihak, utamanya dosen, Lembaga Sosial Masyarakat dan berbagai komunitas yang terkait tentang Papua khususnya di bidang pendidikan. Kemudian Fajar berdiskusi pula dengan mahasiswa dari berlatang belakang ilmu displin yang berbeda tentunya dengan memiliki visi & misi yang sama untuk memajukan pendidikan di Papua.
 
Akhirnya terbentuklah batch pertama yang beranggotakan 30 orang mahasiswa dengan latar belakang displin ilmu yang berbeda, namun tentunya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mewujudkan impian masyarkat Papua dengan sentuhan pendidikan. Bersama-sama kami membulatkan tekad untuk pergi ke ujung timur negeri demi mewujudkan impian Rumah Belajar yang ada di Papua. Tidaklah mudah untuk mempersiapkan segala hal di tengah padatnya jadwal kuliah dan organisasi maupun kegiatan di luar selain itu. Begitupun dengan fisik, mental, dan program, serta dana yang menguras energi dan pikiran kami semua.
 
Kemudian komunitas #Untukpapua bekerjasama dengan pihak UGM dalam hal administratif perizinan. Hal ini dilakukan agar kegiatan yang dilaksanakan dapat bersinergi dalam mewujudkan pendidikan di Papua yang lebih baik.
 
Setelah melakukan berbagai diskusi dengan pemerintah daerah di Papua dan Papua Barat, akhirnya komunitas #Untukpapua diberikan kesempatan untuk dapat melaksanakan Langkah Nyata pertamanya yang dilaksanakan di Kampung Manyaifun, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Propinsi Papua Barat.
 
Kegiatan #untukpapua dilaksanakan pada tanggal 14 Juli hingga 30 Agustus 2014. Dalam kurun waktu sekitar enam minggu, tiga puluh volunteer yang tergabung dalam tim #Untukpapua ini melaksanakan berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kampung Manyaifun.
Beberapa program yang dilakukan tim #Untukpapua batch pertama selama di Kampung Manyaifun, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Raja Ampat, Papua Barat tahun pertama yaitu:
 
Bidang Sains – Teknika
1. Pembangunan Kitorang Pun Rumah Belajar
2. Pembinaan Kelestarian Lingkungan
3. Pemugaran MCK dan Revitalisasi MCK
4. Pemasangan Saluran Pipa (PVC)
5. Instalasi Panel Surya
 
Bidang Sosio – Humaniora
1. Pembuatan dan pemasangan Website
2. Pembinaan Koperasi Umum
3. Bimbingan Teknis Pemasaran
4. Perencanaan & Pengembangan Obyek parawisata
5. Pemberian pelajaran tambahan di SD ( Mengajar Bahasa Inggris)
6. Pemberian pelajaran ketrampilan di SD ( Pelatihan Softskill untuk anak SD)
7. Penyuluhan untuk kelompok wanita ( Pelatihan bahasa untuk ibu-ibu)
 
Bidang Medika
1. Penyuluhan Kesehatan Gigi & Mulut ( Sosialisasi kesehatan gigi & Mulut)
2. Penyuluhan Kesehatan Umum ( Sosilasi cara menyusui & kesehatan bayi)
3. Penyuluhan Kesehatan Reprodukusi
4. Pelayanan Kesehatan Umum & P3K
5. Penyuluhan Kesehatan Umum
 
Bidang Agro
1 .Pembinaan Teknik Pemupukan atau pembuatan pupuk.
2. Pembinaan Teknik Budidaya Tanaman Pangan
3. Pembinaan Teknik Persiapan Lahan Pertanian
4. Diversifikasi Hasil Perikanan ( Pembuatan Abon Ikan )
5. Diversifikasi Hasil Pangan ( Pembuatan Kripik Pisang )
6. Pembuatan Keramba dan Budidaya Teripang.
 
Setiap program dalam kluster-kluster yang dibuat oleh tim #Untukpapua berusaha menjadi solusi bagi permasalahan yang ada dalam masyarakat, serta memiliki tujuan spesifik dalam pemberdayaan dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat Manyaifun. Tema besar program kegiatan yang diangkat oleh team #Untukpapua yaitu “Pembangunan Kawasan Terpadu dan Pengembangan Kearifan Lokal Melalui Penguatan Kapasitas Masyarakat di Kampung Manyaifun, Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat”.
 
Apabila ditinjau dari segi penerimaan masyarakat terhadap kegiatan (#Untukpapua) dapat dikatakan secara umum penerimaan masyarakat adalah baik. Masyarakat sangat senang menerima tim #Untukpapua di Kampung Manyaifun. Hal ini dapat dibuktikan dari partisipasi dan antusiasme masyarakat dalam setiap program #Untukpapua, baik pembangunan fisik maupun program nonfisik.
 
Selain itu, sosialisasi dan komunikasi yang terjalin dengan masyarakat juga sangat baik. Hal tersebut salah satunya dibuktikan dari banyaknya bantuan yang diberikan oleh masyarakat selama operasional #Untukpapua, baik bantuan logistik kebutuhan sehari-hari, tenaga maupun peralatan dan transportasi.
 
Dalam melakukan implementasi program, tim terlebih dahulu melakukan pengamatan dan pendekatan lebih lanjut serta sosialisasi mengenai jabaran program yang akan dilaksanakan. Metode yang digunakan dalam pendekatan dan sosialisasi tersebut adalah melalui pendekatan kelompok maupun pendekatan personal. Pendekatan kelompok misalnya dengan mengetahui dan mengikuti kegiatan dari kelompok tersebut (kelompok bapak-bapak, kelompok ibu-ibu, kelompok remaja maupun anak-anak).
 
Selanjutnya, pendekatan secara personal kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama juga dilakukan untuk memperoleh dukungan dalam implementasi program yang telah dirancang. Selain itu pendekatan personal secara umum kepada masyarakat dilakukan dengan saling menyapa, bertegur sapa, saling membantu dan bercerita pengalaman yang mahasiswa miliki atau mendengarkan mengenai kehidupan maupun kebutuhan yang mereka inginkan. Hal ini secara langsung maupun tidak langsung menumbuhkan kedekatan dan rasa saling memiliki antara masyarakat dan mahasiswa dalam meningkatkan kontribusinya terkait pembangunan wilayah Kampung Manyaifun.
 
Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut, silahkan email tim #Untukpapua pada untukpapuaku@gmail.com atau kunjungi media social di bawah ini :
1. Website : www.untukpapua.com
2. Instrgram : Untukpapua
3. Twitter : @Untukpapua
4. Facebook page : Untukpapua
5. Line : Untukpapua
6. Path : Untukpapua
 

Komunitas #Untukpapua

 

Video Clip Papuaku Papuamu by Papua Voice's 
 

https://www.youtube.com/watch?v=ZtPt2VOQj2U

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *