Seberapa Penting Kontribusi dalam Bekerja?

Seberapa Penting Kontribusi dalam Bekerja?

Saat interview, pasti kamu sering mendapat pertanyaan ini ‘Kontribusi apa yang akan kamu berikan ke perusahaan ini?’ atau ‘Seberapa besar kontribusi yang akan kamu berikan saat bekerja’. Kadang, kita suka bingung jawabnya atau kita biasanya menjawab dengan jawaban umum ‘saya akan memberikan kontribusi terbaik saya saat bekerja’. Sekarang kita bedah deh, kenapa sih pertanyaan itu sering muncul saat interview. Emangnya, kontribusi seperti apa sih yang dimaksud?

Saat bekerja, penting lho untuk memberikan kontribusi terbaikmu. Karena, kontribusimu juga salah satu faktor penentu keberhasilan perusahaan tempatmu bekerja. Jadi, pertanyaan seputar kontribusi saat interview itu bukan pertanyaan asal-asalan lho, YOTers. Ya pokoknya, jangan sampai ketika interview kamu udah menggebu-gebu, antusias mau kerja, eh pas diterima kerja kamu malah males-malesan. Selain membuat kecewa perusahaan yang menerima kamu, kamu juga mempermalukan diri kamu sendiri.

Untuk menjadi yang terbaik, kamu jangan hanya sekadar just perform aja, melainkan kamu harus terus berusaha melebihi dari apa yang orang ekspektasikan ke kamu. Kontribusi di luar dari job description kamu itu juga perlu lho, YOTers sebagai poin plus kamu sehingga membuat karir kamu terus berkembang. Kalau dalam buku Young On Top–Updated–40 Kunci Sukses di Usia Muda, ada poin yang ngebahas ini, yaitu Extra Mile.

Extra Mile ini berarti kamu harus memberikan kontribusi lebih dalam bekerja. Ketika kamu punya target bekerja sampai D, usahakan deh kalau bisa selesai sampe Z. Artinya, berarti kamu ditantang untuk terus berbuat lebih dari yang pernah kamu lakukan, lebih dari batasan yang menurut kamu masuk akal untuk diraih. Extra mile juga berarti berani untuk keluar dari comfort zone. Ketika kamu merasa sudah nyaman di jabatan kamu saat ini, beranilah untuk keluar dari zona nyaman itu untuk mendapat jabatan yang lebih baik lagi.

Nah, ngomongin soal buku Young On Top–Updated–40 Kunci Sukses di Usia Muda, kamu udah ikutan YOT Writing Competition belum? Yuk buruan ikutan, karena ada hadiah uang tunai yang sudah menunggu kalian! Caranya gampang banget, ceritakan satu value atau lebih dari buku YOT Updated yang menginspirasi kamu. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa ke www.youngontop.com/yotwc

Good luck YOTers!

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *