Inilah yang Harus Kamu Persiapkan Biar Bisa Lolos Universitas Keren di Dunia!

Inilah yang Harus Kamu Persiapkan Biar Bisa Lolos Universitas Keren di Dunia!

Kabar bahwa Maudy Ayunda diterima di dua universitas keren di dunia untuk meraih gelar magisternya tentu membuat kita semua bangga dan kagum. Siapa sih yang gak mau berprestasi kayak Maudy Ayunda? Nah, semua yang diraih Maudy tentunya gak lepas dari berbagai persiapan yang ia lakukan. Apa aja persiapan yang harus kamu perhatikan kalau mau mendaftar di Universitas Luar Negeri?

  1. Pelajari Bahasa Asing yang Dibutuhkan

Kemampuan berbahasa asing sangatlah diperlukan, paling utama adalah Bahasa Inggris. Ikuti kursus Bahasa Inggris yang mampu mendukung komunikasi kamu selama kuliah di luar negeri. Hal ini gak hanya penting untuk mampu berkomunikasi dengan lawan bicara tetapi juga saat belajar di perkuliahan dan membaca buku kuliah.

 

  1. Sertifikat Bukti Kemampuan Bahasa Inggris

Berkuliah di luar negeri berarti kamu juga harus mempersiapkan dengan baik kualitas berbahasa Inggris kamu. Mulai dari sekarang, kamu harus rajin membiasakan diri untuk berbicara dan mendengar memakai berbahasa Inggris. Sebagai syarat pendaftaran universitas yang kamu inginkan, biasanya kampus tersebut memiliki nilai ukur sesuai TOEFL atau IELTS tergantung universitas dan negara yang kamu tuju. Kamu bisa persiapkan tes dengan ikut kursusnya atau belajar secara otodidak.

 

  1. Transkrip Nilai, Personal Statement, Recommendation Letter dan Dokumen Perjalanan

Transkrip nilai itu diperlukan banget untuk kamu melamar di universitas yang kamu inginkan. Jangan lupa, terjemahkan itu ke dalam Bahasa Inggris dan disahkan oleh sekolah kamu. Kamu juga harus mempersiapkan personal statement, sebuah surat pernyataan berisi alasan kamu tertarik kuliah di jurusan universitas itu untuk meyakinkan universitas agar bisa menerima kamu. Jadi, untuk menulis ini, kamu harus persiapkan secara matang, minta pendapat dan buatlah sebaik mungkin. Surat rekomendasi pun diperlukan, yaitu sebuah surat yang sering diminta oleh universitas tujuan, berupa surat dari orang yang berkualifikasi di sekolah kamu. Mulai dari sekarang, kamu harus mengenal diri kamu sendiri, temukan potensi diri kamu, agar si pemberi rekomendasi bisa memberikan penilaian lebih di suratnya. Bila semua itu sudah disiapkan, kamu juga harus membuat dokumen-dokumen perjalanan seperti paspor, visa dan surat pendukung lainnya.

 

  1. Tentukan dan Pelajari Kampus yang Ingin Kamu Tuju

Kamu harus mengenal dan mempelajari kampus yang ingin kamu tuju, mulai dari kurikulum, persyaratan, mata kuliah, sistem pembelajaran sampai budaya kuliah disana YOTers!

 

  1. Menyiapkan Biaya atau Mencari Beasiswa

Setelah kamu menentukan kampus yang ingin kamu tuju, tentunya kamu perlu menyiapkan biayanya atau kamu bisa mencoba mencari beasiswa baik yang disediakan oleh pemerintah Indonesia, Luar Negeri atau swasta. Tentunya kamu juga harus menyiapkan perkiraan biaya hidup di negara yang kamu tuju. Kamu bisa browsing tentang informasinya atau bisa menghubungi teman-teman Perhimpunan Pelajar Indonesia di negara kamu.

 

  1. Mempersiapkan Mental dan Kesehatan

Mempersiapkan mental kamu untuk menjadi mandiri juga perlu. Karena kamu akan tinggal jauh dari keluarga. Persiapkan mental yang kuat untuk menghadapi kehidupan yang baru dan budaya yang baru. Mempersiapkan kesehatan juga perlu, apalagi kamu yang mau pergi ke negara dengan 4 musim. Mempersiapkan kesehatan tentunya bisa dengan mulai banyak berolahraga, ketahui penyakit personal dan persiapkan obat-obatan yang perlu dibawa.

 

Kalau kamu bisa mengikuti semua persiapan di atas, tentunya kamu juga bisa jadi the next Maudy Ayunda. Tapi ingat ya YOTers, komitmen, kerja keras, usaha dan pantang menyerah juga gak kalah penting kalau kamu ingin meraih kesuksesan yang sama dengan Maudy Ayunda. Semangat YOTers!

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

One thought on “Inilah yang Harus Kamu Persiapkan Biar Bisa Lolos Universitas Keren di Dunia!

  1. Fransiskus Sanda (frans) says:

    Ingin mendapatkan informasi study di luar negeri buat anak-anak. Selain syarat bahasa, syarat apalagi yg mungkin disiapkan lebih awal? Inspirasi & motivasi seindahnya bergerak berbarengan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *