Cerita Si Juki Menginspirasi Melalui Industri Animasi

Cerita Si Juki Menginspirasi Melalui Industri Animasi

 

 

“Saya selalu mengutip tentang kreativitas itu sebenarnya cara kita bertahan hidup. Kalau kita gak kreatif, kita mungkin akan mati, mati digilas zaman,” Faza Meonk, Kreator Si Juki.

Hai YOTers! Yuk simak obrolan seru bareng Faza Meonk, Kreator Si Juki yang akan bercerita bagaimana Si Juki bisa tercipta dan harapannya bersama Si Juki untuk industri animasi di Indonesia.

 

Cerita Bagaimana Si Juki Bisa Tercipta?

Sebenarnya cerita terbentuknya Si Juki memang kebetulan sih. Karena memang saya buat Si Juki awalnya karena iseng-iseng. Cuma saya dari dulu memang punya keresahan kenapa di Indonesia gak punya karakter lokal fiksi yang benar-benar disukai masyarakat. Saya tumbuh besar di mana era ada Doraemon, Dragon Ball, Spongebob tapi kemudian saya gak menemukan karakter Indonesia yang beneran. Eksis ada, cuma gak benar-benar sekuat dari luar Negeri yang semua orang tau. Itu jadi latar belakang saya bikin Si Juki, walaupun Si Juki dibikinnya emang benar-benar kebetulan. Karena awal-awal bikin komik DKV 4 isinya cuma untuk ngecengin teman-teman kuliah, kita ketawa-ketawa bareng ada karakter yang namanya Si Juki ini. Akhirnya berkembang banyak yang suka komik karena saya upload di medsos, di FB, dulu masih zamannya nge-blog, saya nge-blog, Kaskus, segala macam terus akhirnya respon orang pada senang dengan komik saya yang acak-acakan dan akhirnya saya coba masuk ke dunia komik lagi. Tadinya saya sudah mengubur impian masuk ke dunia komik karena ngeliat komik gak prospek di Indonesia. Tapi, dengan itu saya melihat ada potensi bahwa komik bukan masalah kamu harus bikin gambar yang bagus atau cerita yang ngejelimet, tapi bagaimana kontennya bisa relate dengan pembacanya, nemu target pembaca yang tepat. Akhirnya dapet market pembaca anak mahasiswa karena komiknya awalnya tentang DKV 4, yaitu tentang anak DKV. Akhirnya komiknya diterbitkan dengan judul ‘Ngampus’ dan tema yang lebih general, yaitu seputar dunia kuliahan. Tapi itu yang membuat saya merasa, kayaknya keresahan saya yang dulu bisa saya usahakan lewat karakter yang ada di komik ini, yaitu Si Juki. Akhirnya saya tarik Si Juki nya untuk menjadi brand character.

 

Pesan yang Mau Disampaikan Melalui Karakter Si Juki?

Banyak, karena menurut saya karakter adalah medium yang bisa disampaikan terutama untuk anak-anak muda. Karena memang targetnya anak-anak muda banget dan anak-anak juga baca Si Juki. Jadi pesannya tuh tergantung, banyak juga kita sampaikan sesuatu yang beda, jangan cuma mengikuti arus. Makanya Si Juki terlahir dengan slogan #BeraniBeda, karena melihat anak-anak muda zaman sekarang lebih banyak ikut-ikutannya daripada berbuat sesuatu. Mereka takut untuk beda, padahal berbeda sesuatu yang menarik dan indah. Banyak banget isu-isu yang kita bawa, salah satunya isu sosial anak muda, tapi tetap saya bawainnya dengan cara komedi. Karena bagaimana pun juga anak muda gak mau dimotivasi dengan cara diceramahin. Anak muda lebih senang di-entertain dulu, baru mereka akan dapat sendiri, apa sih maksudnya? Ternyata gak cuma entertain, gak cuma lucu-lucuan doang, tapi ada yang saya masukin di situ.

 

Bagaimana Mas Faza Melihat Perkembangan Dunia Animasi dan Bagaimana Anak Muda Indonesia Harus Berkontribusi di Dalamnya?

Animasi di Indonesia justru sekarang potensinya sangat tinggi, karena anak zaman sekarang lebih suka dihibur lewat audio visual. Jadi video sekarang trending banget, kuat banget, makanya Youtube kuat. Nah di sini sebenarnya animasi potensinya juga tinggi dan industrinya sendiri juga sekarang sedang grow banget sejak Si Juki The Movie tayang dan penontonnya juga banyak, mulai banyak produser-produser yang mau invest ke industri animasi. Nah di sini secara industri kita juga lagi grow banget, makanya kesempatannya besar banget. Tantangannya adalah di industri animasi ini SDM yang berkualitas dan kuantitas SDM nya juga. Yang berkualitas udah ada, udah banyak tapi kuantitasnya masih kurang untuk sebuah industri. Kita masih butuh banyak anak muda, orang-orang baru di dunia animasi yang bertalenta sehingga bisa masuk ke industrinya. Jadi, justru karena ini lagi potensi dan permintaannya akan sedang banyak, itu justru sebenernya sebuah kesempatan untuk anak-anak muda yang mau di industri animasi.

 

Faza Meonk

 

Seberapa Penting Poin Kreativitas dalam Menciptakan Si Juki?

Justru utamanya adalah kreativitas dalam menciptakan Si Juki. Karena kita harus terus menggali. Karena gini, Si Juki ini kan sebuah karakter yang saya ciptakan dan karakter ini bisa berkembang. Apalagi Si Juki ini saya buat seolah-olah hidup di media sosial. Dia bisa melontarkan sesuatu di Twitter, dia bisa nge-post di IG, yang bener-bener rasanya personal banget lewat Si Juki nya itu. Dari situ kita harus benar-benar gali supaya si Juki karakternya gak cuma gitu-gitu aja tapi juga dibikin berkembang. Nah di situ kreativitas harus jalan terus apalagi product kita banyak, buku-buku kita juga banyak, ada yang ngomongnya tentang anak kos-kosan, anak kuliahan bahkan sampai ke politik, bahkan sampai ngomongin yang lebih receh lagi, misalnya tentang Si Juki dengan temannya si Mang Awung. Jadi aku dan tim bener-bener menggali yang namanya kreativitas.

 

Tips Menciptakan Ide Kreatif

Yang pasti kalo menurut saya, kita harus open minded, terbuka dengan berbagai macam gagasan. Kedua, kita harus jadi orang yang up to date dan punya wawasan luas. Kamu harus benar-benar open minded, kamu harus masukin banyak referensi ke kepala kamu, kamu masak dan kamu modif lagi untuk bisa menciptakan sesuatu yang baru, terlihat fresh tapi tetep relate sama apa yang ingin kamu sampaikan.

 

Pesan yang Ingin Disampaikan ke Anak Muda Mengenai Kreativitas

Saya selalu mengutip tentang kreativitas itu sebenarnya cara kita bertahan hidup. Kalau kita gak kreatif, kita mungkin akan mati, mati digilas zaman. Zaman sekarang itu ya apa-apa harus kreativitas, mau kamu kerja apapun pasti kalau kamu kreatif bisa lebih maju. Jadi gimana caranya kreatif ya itu tadi, harus terbuka sama banyak hal, cari referensi yang banyak dan penting juga bergaul sama banyak orang. Jangan bergaul sama orang yang itu-itu saja. Itu yang bikin kita biasanya stuck. Kalau kita bergaul dengan orang dari berbagai macam kalangan, itu akan membuat kita bisa berpikir, mendapatkan referensi dari banyak hal.

 

Harapan untuk Dunia Animasi Indonesia Melalui Karakter Si Juki?

Saya berharap lewat Si Juki bisa banyak menginspirasi anak-anak muda bahwa animasi ada masa depannya. Dari animasi juga bisa masuk ke banyak medium, bisa ke merchandising dan segala macem. Itu harapannya dan industri animasi di Indonesia bisa lebih maju lagi, SDM nya juga bisa bertambah secara kuantitas dan kualitasnya juga semakin meningkat.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *