Setahun Sekali Sih, Tapi 5 Makanan Khas Lebaran Ini Berbahaya Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Berlebihan

Setahun Sekali Sih, Tapi 5 Makanan Khas Lebaran Ini Berbahaya Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Berlebihan young on top

Ketupat, opor ayam, rendang, sambal goreng ati adalah beberapa hidangan khas lebaran yang paling dinantikan. Meskipun kita bisa memasak dan mengonsumsinya di luar dari hari lebaran, tetap aja berbagai hidangan ini terasa lebih spesial saat disajikan di hari raya umat muslim ini.

Eh, tapi harus diinget nih. Meskipun setahun sekali, berbagai hidangan khas lebaran ini bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi berlebihan. Dilansir dari klikdokter, berikut ini 5 makanan khas lebaran dan bahaya kesehatan yang ditimbulkan jika kita berlebihan mengonsumsinya.

  1. Opor Ayam

Kandungan santan dalam opor ayam jadi penyebab kita gak boleh makan makanan berkuah ini secara berlebihan. Santan di dalam kuah opor mengandung lemak jenuh yang kadarnya bisa mencapai 93%. Jika dikonsumsi berlebihan, lemak jenuh ini bisa meningkatkan kadar Low-density Lipoprotein (LDL), yaitu kolesterol jahat dalam darah dan jika dibiarkan bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke.

  1. Rendang

Sama seperti opor ayam, kandungan santan yang ada di dalam rendang juga berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena, santan memiliki kandungan lemak dan nilai kalori yang tinggi. Sebagai informasi, dalam satu cup atau setara 200cc santan mengandung 400 kalori. Belum lagi kalori yang ada pada daging, minyak dan tambahan lain dalam pembuatan rendang.

  1. Sambal Goreng Ati

Meskipun kaya akan protein dan mineral, hati ayam dan sapi juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Apalagi jika diolahnya dengan cara digoreng menggunakan minyak, akan semakin banyak kandungan lemak jahat di dalam satu porsi sambal goreng ati yang kita makan. Selain itu, kandungan purin di dalam hati juga perlu diwaspadai terutama untuk penderita asam urat. Saat masuk ke tubuh, purin yang terkandung dalam hati ayam atau sapi ini akan dipecah menjadi asam urat yang akan meningkatkan kadarnya dalam darah.

  1. Kue Kering

Beberapa kue kering seperti nastar, kastengel sampai putri salju pasti jadi hidangan lebaran yang gak boleh ketinggalan untuk dimakan. Karena rasanya yang manis dan juga porsinya yang sedikit, pasti kita gak cuma makan satu atau dua keping aja, iya gak? Padahal, dalam pembuatan kue kering, salah satunya nastar menggunakan mentega atau butter dalam jumlah yang banyak. Faktanya, kedua bahan ini berada di peringkat atas jenis makanan yang memiliki kandungan kolesterol jahat.

  1. Kacang-kacangan

Satu lagi hidangan khas lebaran adalah kacang-kacangan. Mulai dari kacang mede, sampai kacang tanah. Nah, terkadang kita suka gak sadar nih suka menghabiskan setengah toples bahkan satu toples kacang dalam satu waktu, mengingat kacang jadi salah satu camilan yang bisa menemani kita saat ngobrol atau nonton TV. Faktanya, meskipun kacang merupakan sumber protein nabati yang baik, kacang juga memiliki kalori yang tinggi. Terlebih lagi kalau diolahnya dengan cara digoreng dan memakannya dengan porsi yang berlebihan. Batasi makan kacang goreng perharinya ya antara 10-15 keping aja.

Nah itu dia 5 makanan khas lebaran dan bahaya bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi berlebihan. Makanlah dengan porsi yang sewajarnya serta jangan lupa juga tetap mengonsumsi buah dan sayur. Selamat lebaran!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *