Selamat Lebaran! Ini 5 Manfaat Memaafkan Bagi Kesehatan

Selamat Lebaran! Ini 5 Manfaat dari Maaf-Memaafkan young on top

Selamat lebaran! Lebaran merupakan sebuah momen untuk saling memohon dan memberi maaf atau saling memaafkan. Tapi, tahukah kamu bahwa memaafkan ternyata memiliki banyak manfaat. Tapi, tentunya harus dengan tulus memaafkannya.

Apa saja manfaat dari memberi maaf? Ini dia:

  1. Mencegah Kanker

Dr. Steven Standiford dari Cancer Treatment Centers of America mengatakan bahwa menolak memaafkan bisa membuat kita mudah sakit dan susah sembuh dari masalah kesehatan. Selain itu, dengan memaafkan juga memiliki manfaat secara tidak langsung, yaitu mencegah kanker. Hal ini diungkapkan oleh Michael Barry, penulis buku The Forgiveness Project yang memperkirakan setidaknya 61% pasien kanker memiliki masalah dalam memaafkan. Hal ini disebabkan karena emosi negatif seperti rasa marah dan benci menciptakan keadaan kecemasan kronis. Dimana keadaan ini bisa menghasilkan adrenalin dan kortisol yang berlebih sehingga menguras produksi sel-sel pembunuh alami yang bertugas untuk melawan kanker.

  1. Menurunkan Tingkat Stres

Berdasarkan jurnal terkini yang dilakukan oleh The University of California, memaafkan bisa menghindari diri kita dari stres. Selain itu, dalam jurnal yang telah dipublikasikan di Journal of Health Psychology juga mengungkapkan bahwa memaafkan bisa mengurangi resiko depresi dan kecemasan. Selain itu, orang yang mudah dendam cenderung mengalami resiko depresi berat dan post traumatic stress disorder yang lebih tinggi.

  1. Memperpanjang Umur

Siapa sangka kalo ternyata memaafkan juga bisa memperpanjang umur kita lho! Ini disebabkan karena hormon kortisol atau hormon stres berkurang. Hal ini juga diungkapkan dalam International Journal of Psychophysiology yang mengatakan bahwa dengan memaafkan dan memiliki hati yang lapang bisa memperpanjang umur.

  1. Menurunkan Berat Badan

Berat badan kita sangat dipengaruhi oleh kadar hormon. Semakin tinggi stres yang kita alami maka rasa lapar juga akan semakin besar. Nah, dengan memberi maaf juga ternyata berpengaruh lho terhadap penurunan berat badan. Karena, dengan memaafkan, maka kebutuhan tubuh akan comfort food dan nafsu makan juga bisa ditekan.

  1. Meningkatkan Empati

Dengan memaafkan, berarti kamu menaruh empati pada orang tersebut. Kamu bisa memaafkan karena kamu bisa memahami kondisi orang tersebut hingga mengapa ia bisa melakukan sebuah kesalahan. Dilansir dari klikdokter, rasa empati bisa menciptakan dampak baik bagi kehidupan sosial seseorang. Jika kamu bisa memaafkan seseorang, berarti kamu memahami perasaan orang tersebut.

Nah itu dia 5 manfaat dari memaafkan. Berilah permohonan maaf yang tulus kepada orang lain dan kita juga harus tulus memaafkan orang lain. Selamat lebaran YOTers!

*sumber foto: cermati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *