Mau Kaya? Lakuin Hal-hal ini.

Sejak 2009, saya udah sharing di ribuan kesempatan (mingguan di radio, di tv, lewat sosmed, via event di kampus, event di perusahaan, dst), dan yang selalu saya dengungkan secara konsisten adalah pentingnya VALUES, ATTITUDE, PASSION, dan PURPOSE.

Sampai 2109, ketika YOT berusia 100 tahun, YOT akan terus ngingetin tentang pentingnya keempat hal tersebut, supaya generasi muda Indonesia akan terus berpikir dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai dasar kebaikan yang sifatnya universal.

“Tapi mas Billy, saya ngga cuma mau bermanfaat doang, tapi saya juga mau punya rumah mewah, mobil bagus, bisa traveling kemana aja, kapan aja. Saya mau kaya raya.”

Secara teori, ada ‘ribuan hal’ yang harus dilakukan untuk bisa kaya raya. Saya akan share beberapa hal yang sudah dan akan terus saya lakukan (kan saya juga mau kaya raya, dan semakin kaya raya; boleh dong?), here you go:

  1. Luangkan lebih banyak waktu untuk perluas wawasan. Karena perluas wawasan = belajar. Nonton youtube program lucu-lucuan boleh, tapi jangan lupa untuk search hal-hal yang bisa bikin kamu semakin dekat dengan kaya raya. Contoh: Saya sekarang lagi rajin belajarin tentang dunia investasi. Saya pelajari apa yang terjadi di Great Depression 1930, saya terus amati perkembangan Covid19 dan impactnya terhadap ekonomi, saya ikuti perang dagang Amerika-Cina, saya juga pelajarin tentang investasi di bursa, di properti, dst.
  2. Ide akan basi kalo ngga diapa-apain. Dengan wawasan yang luas + skill kita = kita bisa bikin sumber pendapatan baru. Sekarang mungkin kamu belum kebayang, “Duh di era Covid19, mau nyari duitnya gimana ya? Jualan di ecommerce, susah… semua orang udah lakuin hal tsb”. Kalau kamu punya niat mau dapet income dan belum tau mesti ngapain, berarti wawasan kamu belum luas. Coba google, coba nonton youtube, coba baca berita sebanyak-banyaknya: Di dunia belahan lain, apa yang dilakuin sama orang-orang untuk bisa punya pendapatan yang mungkin di Indonesia belum ada yang lakuin. Do it NOW! Coba. Kalau gagal, so what? Coba lagi atau pake cara lain. Once you give up, you fail.

Inget, SEMUA ORANG KAYA, punya pendapatan LEBIH DARI SATU SUMBER. Meski saya belum kaya raya tajir melintir, setidaknya saya punya beberapa sumber pendapatan: dari YOT, dari GDILab, dari maingame.com, dari UNLOCK with Billy Boen (Metro Tv), dari sebagai pembicara di Inspira Speakers, dari sebagai Advisor Bank BRI, dari BBC di billyboen.com (cekidot sekarang!), dari Ternak Kambing, dari saham yang saya beli di bursa, dst. Dan, apakah saya sudah puas dengan jumlah sumber income yang saya miliki? Saya ngga akan pernah puas. Tanggal 30 Mei, saya akan punya sumber income baru. Di Bulan Juni, saya akan coba ajak YOTers untuk punya sumber income baru bareng saya. Mau? Stay tune.

See You ON TOP!
Billy Boen

Baca tulisan-tulisan saya tentang entrepreneurship, investment, brand management di billyboen.com , semoga bermanfaat. Soon, saya akan keluarkan podcast dan video, khusus untuk member BBC.

Follow my Twitter: @billyboen | IG & FB: @billyboenYOT | LinkedIn: Billy Boen

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *