Kerja di Korporasi VS Startup, Mana yang Paling Baik?

Kerja di Korporasi VS Startup, Mana yang Paling Baik young on top

Hai YOTers! Pilihan bekerja di startup atau korporasi jadi dilema yang cukup bikin galau kita-kita para fresh graduate. Ada yang bilang startup jadi langkah awal yang baik untuk memulai karir meskipun fasilitasnya terbatas atau korporasi yang fasilitasnya berderetan tapi harus kuat sama tantangannya yang gak main-main. Terus, lebih baik bekerja di startup atau korporasi ya?

Sebelum menentukan, yuk kita bahas dulu perbedaan bekerja di startup dan korporasi:

  1. Jam Kerja

Startup: Startup punya jam kerja yang lebih fleksibel. Karena, startup lebih mengutamakan goals pekerjaan yang harus dicapai, bukan lamanya bekerja. Jadi, selama pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik, gak masalah berapa lama atau mau dimana kamu bekerja. Tapi, di sisi lain kamu juga harus siap-siap untuk lembur ya sebagai bentuk kontribusi dan dedikasi kepada perusahaan tempatmu bekerja.

Korporasi: Sedangkan korporasi memiliki aturan jam kerja yang lebih mengikat dan ada aturan tertentu. Misalnya, jika terlambat kamu tidak mendapat uang makan siang dan jika akumulasi keterlambatan dalam sebulan melebihi batas, kamu bisa terkena pemotongan gaji.

  1. Budaya Kerja

Startup: Budaya kerja di startup lebih fleksibel meskipun memiliki struktur jabatan. Tapi, dalam berkomunikasi di keseharian antara bawahan dan atasan tidak terlalu mencolok sehingga membuat komunikasi antar keduanya terjalin dua arah. Ide dari para karyawan sangat berarti sebagai bagian dari aset terbesar perusahaan.

Korporasi: Karena perusahaan sudah lebih besar dan lama berdiri, korporasi memiliki birokrasi dan hirarki yang jelas dan mengikat. Ada batasan antara staf dengan manager dan junior dengan senior. Hal ini juga yang mempengaruhi sikap, bahasa, nada bicara serta perilaku dalam berkomunikasi dengan jabatan yang lebih tinggi.

  1. Gaji dan Tunjangan

Startup: Untuk gaji, bekerja di startup tidak selalu nominalnya lebih kecil daripada bekerja di korporasi lho. Tapi balik lagi, ini juga harus didasari dengan kompetensi. Sedangkan untuk tunjangan, startup belum bisa memberikan begitu banyak tunjangan seperti korporasi. Hal ini juga dipengaruhi karena startup merupakan perusahaan rintisan yang perlu banyak permodalan.. Startup juga tidak memberikan uang lembur, karena bekerja di luar jam kerja dianggap sebagai kontribusi dan dedikasi.

Korporasi: Berbeda dengan startup, kalo korporasi punya aturan yang jelas mengenai gaji, bonus, upah lembur, kenaikan gaji dan tunjangan. Kalo kamu bisa bekerja mencapai target, maka kamu akan mendapatkan bonus. Lalu jika lembur juga akan mendapatkan upah.

  1. Fasilitas

Startup: Untuk pengadaan fasilitas, startup memang belum selengkap korporasi. Misalnya untuk laptop, beberapa startup tidak menyediakannya dan meminta para karyawannya untuk menggunakan laptop pribadi. Kantornya pun lebih kecil daripada korporasi. Eh, tapi jangan salah, justru ini yang bikin karyawannya jadi lebih akrab satu sama lain.

Korporasi: Mengenai fasilitas, korporasi sudah berada jauh di atas startup. Korporasi menyediakan fasilitas seperti cafe, gym dan sebagainya. Kita juga tau kalo korporasi sendiri berkantor di sebuah gedung dengan fasilitas yang memadai.

  1. Jenjang Karir

Startup: Startup membuka kesempatan belajar seluas-luasnya di luar dari jabatan dan job desk kamu. Hal ini juga yang menjadi latar belakang belum jelasnya jenjang karir di startup. Karena, kamu masih bisa belajar dan scale up diri dengan jabatan apa pun yang kamu pegang saat ini. Tapi, gak semua startup kayak gini ya. Promosi bekerja dan jabatan juga masih ada kok di beberapa startup.

Korporasi: Kamu akan diminta lebih fokus dengan job desk dari jabatan yang kamu pegang. Meskipun begitu, jenjang karirmu bisa terjamin di korporasi. Dengan kinerja yang maksimal, gak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan promosi jabatan.

Nah, itu dia 5 perbedaan bekerja di startup dan korporasi. Segala kelebihan dan kekurangannya balik lagi dengan bagaimana kamu bisa beradaptasi dan memberikan kontribusi bagi perusahaan. Gak ada perjuangan yang sia-sia kalo kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh. Jadi, lebih baik bekerja di startup atau korporasi, kamu sendiri yang menentukan.

Tapi, ngebahas soal perbedaan bekerja di startup sama korporasi ini bisa lebih dalam dan detail sama ahlinya. Yuk ikutan Inspira Webinar #MakinPintardiRumah presented by Astra: ‘Corporate VS Startup: Mana yang Paling Baik’ bareng Samuel Ray, HR Professional & Career Content Creator, hari Rabu, 27 Mei 2020, pukul 16.00 WIB. Ini dia detail acaranya:

Inspira Webinar Samuel Ray Young On Top

Yuk daftarin diri kamu sekarang di youngontop.com/webinar. Cuma dengan Rp 10.000 aja kamu bisa dapetin ilmu gak terbatas dari ahlinya.

Oh ya, kamu juga bisa dapetin e-certificate dan tiket yang kamu beli sudah termasuk donasi untuk Nurani Astra lho!

Yuk registrasi sekarang juga di youngontop.com/webinar! Jangan lupa ajak teman, pacar, sahabat, gebetan, saudara, tetangga, semua yang kamu kenal deh pokoknya, biar #MakinPintardiRumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *