5 Alasan Berkebun di Rumah Bisa Menyelamatkan Bumi dan Hidupmu

5 Alasan Berkebun di Rumah Bisa Menyelamatkan Bumi dan Hidupmu
Sebenarnya kita semua tahu apa manfaat tanaman bagi kehidupan manusia. Mulai dari sebagai sumber oksigen, atau memanfaatkan kayunya sebagai bahan membuat rumah atau barang-barang lainnya. Tapi terkadang kita tidak bisa melihat lingkup lebih kecil atau detail dari manfaat tanaman sehingga beberapa orang merasa menanam pohon di rumah cukup merepotkan dan membiarkan urusan penghijauan pada pemerintah.
 
Nah, agar tidak merasa kerepotan untuk menanam pohon, kita perlu tahu manfaat khusus tanaman bagi kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa alasan mengapa kita perlu menanam tanaman sendiri di rumah.
 
 
1. Udara Jadi Lebih Bersih
 
Tidak hanya menghasilkan oksigen, pohon juga mampu membuat udara jadi lebih bersih. Dedaunan pohon mampu menyaring udara kotor dan polusi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, pabrik, dan lain-lain. Itulah mengapa di kota sering dibuat lahan terbuka hijau. Selain untuk sarana rekreasi, sekaligus juga bisa menjadi usaha untuk mengurangi kadar polusi.
 
 
\"Name\"
Udara bersih membuat kita lebih lega saat bernafas 
 
 
Belakangan ini, banyak hutan kota yang mulai langka karena dipergunakan untuk bangunan lain. Tidak hanya itu saja, banyak juga kasus tentang penebangan liar atau kebakaran hutan. Hal ini tidak saja membuat pepohonan semakin sedikit, tapi dengan jumlah pohon yang semakin berkurang ini, maka udara yang kita hirup juga semakin tidak sehat. Saudara kita yang ada di Sumatera sekarang ini harus menderita karena musibah kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan di Riau yang bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.
 
Nah, daripada menunggu pemerintah menanam pohon atau bergantung pada lahan terbuka hijau yang terletak jauh dari rumah, bukankah lebih baik jika punya pohon sendiri di halaman rumah? Dengan demikian, kita juga bisa menikmati udara yang lebih bersih dan nyaman di rumah.
 
 
2. Rumah Tidak Terlalu Berdebu
 
Dengan fungsinya yang mampu menyaring polusi, maka udara di sekitar juga menjadi lebih bersih. Pohon-pohon besar juga biasanya mampu menahan angin. Pohon-pohon berdaun lebat mampu dengan baik menangkap debu yang berterbangan.
 
 
\"Name\"
Rumah bersih bebas debu adalah rumah impian, kan?
 
 
Nah, kalau kita punya pohon di halaman rumah, maka debu tidak akan dengan gampang masuk ke dalam rumah. Jadi rumah juga menjadi lebih bersih dan sehat karena tidak terlalu berdebu gara-gara angin yang berterbangan membawa debu kemana-mana.
 
 
3. Hemat dan Bisa Menjadi Sumber Tambahan Uang
 
Menanam pohon juga bisa membuat kita jadi lebih hemat. Coba saja menanam sayuran, buah-buahan, atau tanaman bumbu di halaman rumah. Kita tidak perlu mengeluarkan uang setiap hari untuk memasak atau jika ingin camilan buah-buahan. Tinggal petik saja di halaman rumah.
 
 
\"Name\"
Sayuran di halaman rumah bisa membantu kita berhemat
 
 
Ini bisa menjadi solusi baik saat ini dengan anjloknya nilai rupiah yang otomatis membuat harga barang termasuk sayuran dan buah juga naik. Kalau dulu biasa beli sayur dan buah di supermarket, tentu harganya akan semakin melambung tinggi. Dengan memiliki tanaman sayur dan buah, tidak perlu lagi mengeluarkan terlalu banyak dana untuk kebutuhan ini.
 
Tidak hanya hemat dalam hal mengurangi uang belanja, tapi juga bisa memberikan tambahan pemasukan buat kita. Misalkan saja kita punya pohon mangga, maka saat musim mangga datang dan berbuah banyak, kita kan tidak mungkin menghabiskan semua mangga yang ada di pohon. Jadi, kita bisa menjualnya sebagian. Kan lumayan tuh?
 
 
4. Menyejukkan Udara yang Panas Atau Kering
 
Adanya pohon di sekitar rumah juga bisa membuat udara menjadi lebih sejuk. Meskipun cuaca sedang sangat panas dan kering, pohon akan melindungi kita dan menghasilkan udara yang lebih sejuk dan nyaman. Apalagi jika kita membiarkan tanah tempat pohon berada dengan tumpukan daun yang menyerap air hujan. Maka udara juga menjadi terasa lebih lembab.
 
 
\"Name\"
Pohon bisa menjadi peneduh dan penyegar 
 
 
Pohon besar akan memberikan kita manfaat yang menyenangkan seperti ini jadi kita tidak perlu lagi mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk beli AC gara-gara cuaca yang terlalu panas. Lagipula, terlalu banyak AC juga tidak baik untuk lingkungan karena berpengaruh pada efek pemanasan global. Gara-gara masalah ini, terjadi kekeringan di mana-mana dan cuaca juga semakin tidak teratur. Untuk membantu mengatasi masalah ini, kita bisa berkontribusi dengan memperbanyak menanam dan merawat pohon.
 
 
5. Memberikan Pemandangan yang Cantik
 
Tanaman hijau akan memberikan pemandangan yang cantik dan segar dipandang. Bahkan kabarnya memandang dedaunan hijau juga bagus untuk kesehatan mata kita, lho. Dengan perencanaan yang baik, maka pohon-pohon dan tanaman hias yang ada di pekarangan rumah juga bisa membuat rumah semakin cantik.
 
 
\"Name\"
 
Bunga-bunga yang ditanam di sekitar rumah akan mempercantik pemandangan
 
 
Tapi tentu saja hal ini memang membutuhkan ketelatenan. Tanaman harus dirawat dengan baik dari kecil hingga besar agar bisa tumbuh dengan hasil yang diharapkan. Dengan menggunakan pot-pot yang cantik, tanaman juga akan terlihat semakin menawan.
 
Di zaman yang serba cepat dan dengan persaingan yang ketat seperti sekarang ini, banyak orang juga menjadi rentan stres. Nah, berkebun dan menanam tanaman yang bermanfaat akan membantu mengatasi stres yang datang menyerang. Apalagi kalau tinggal di kota-kota besar yang keruwetan dan kebisingannya juga sering menjadi penyebab stres.
 
Nah, tidak perlu menunggu jike memang ingin berubah menjadi lebih baik. Kita sekarang ini sering ikutan berkoar-koar menandatangani petisi untuk lingkungan hidup, tapi coba deh tengok lingkungan kita sendiri seperti yang ada di sekitar rumah. Apa sudah dibenahi? Karena sebenarnya jika ingin menginspirasi dan membantu perubahan, kita bisa memulai dari hal yang kecil dan dari sendiri. 
 
Ngapain ribut-ribut menyebarkan petisi dan ikut tandatangan petisi sana-sini jika kamu ternyata masih suka membuang bungkus permen sembarangan, menggores pohon, atau tidak ikut andil dalam menanam pohon?
 
 
Sumber : http://boombastis.com/2015/10/04/berkebun-menyelamatkan-bumi/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *