Surya Paloh: Karya Seni Tatang Penuh Pesan Moral

Surya Paloh: Karya Seni Tatang Penuh Pesan Moral
Surya Paloh saat menghadiri pameran lukisan dan patung Seniman Tatang Ramadhan Bouqie di Galeri Nasional, Jakarta. Metrotvnews.com/Arga Sumantri
 
Seniman Tatang Ramadhan Boeqi memamerkan sejumlah hasil karya seni dalam bentuk lukisan dan patung di Galeri Nasional, Jakarta. Pameran tunggal Tatang itu pun dibuka langsung oleh tokoh nasional Surya Paloh.
 
Chairman Media Group ini menilai karya seni Tatang yang disajikan dalam bentuk pameran itu sebagai pencapaian luar biasa. Paloh pun mengaku punya kebanggaan sendiri atas pencapaian Tatang dalam bidang seni rupa.
 
"Saya mengenal Tatang dalam kurun waktu yang cukup panjang. Sekarang, dia telah hadir sebagai seniman, budayawan yang besar dalam kehidupan kebangsaan kita. Tatang punya spirit yang luar biasa. Apa yang dicapai Tatang malam ini adalah sebuah kewajaran, ada kebanggaan tersendiri di sana," ungkap Paloh di Galeri Nasional, Jalan Medan Merdeka Timur, Selasa (6/10/2015).
 
Paloh memerhatikan detail setiap karya yang dipajang di Galeri Nasional. Dia melihat apa yang ditampilkan dalam bentuk seni rupa, kaya akan makna dan pesan moral.
 
"Karya Tatang kali ini, penuh dengan karya yang menggambarkan perlawanan diri, yakni apa yang kita maksud kritik sosial. Ada pesan moral, ekspresi dirinya yang dia curahkan melalui karyanya," terang Surya.
 
Pameran tunggal Tatang Ramadhan Bouqie yang berjudul 'Celebrating Disorder' ini bakal digelar di Galeri Nasional Indonesia mulai tanggal 6 hingga 18 Oktober mendatang. Sejumlah lukisan dan patung yang kental dengan parodi sosial karya Tatang dipajang di Galeri Nasional.
 
Kurator pameran Jim Supangkat, menerangkan pameran Tatang Ramadhan Bouqie kali ini menyajikan catatan kehidupan dan perilaku secara global. Adanya perilaku yang cenderung menabrak, mengabaikan, bahkan menolak aturan, tatanan hukum, etika, adab, dan kemuliaan manusia.
 
Kumpulan gambar di tengah bidang berskala besar itu menurut Jim Supangat sangat unik. Tidak ada pola gambar yang diulang. Setiap gambar memperlihatkan ide, makna, dan pesona tersendiri.
 
"Seperti setiap kata pada puisi," ungkap Jim.
 
Tatang Ramadhan Bouqie adalah seniman senior. Karirnya dalam dunia desain grafis cukup panjang. Pria lulusan desain grafis Institut Teknologi Bandung ini tercatat pernah bekerja di sejumlah media sejak 1980-an.
 
Beberapa media yang pernah memakai jasa Tatang sebagai graphic designer antara lain, Majalah Tempo, Majalah Matra, Majalah Berita Editor. Terakhir Tatang pun mengabdikan diri di Media Group. 
 
 
Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/2015/10/07/438279/surya-paloh-karya-seni-tatang-penuh-pesan-moral

Tulis Komentarmu