Map of Batik” Edukasi Budaya Tradisional Melalui Teknologi

Map of Batik” Edukasi Budaya Tradisional Melalui Teknologi
Batik merupakan hasil karya dan budaya bangsa Indonesia semenjak ratusan tahun silam. Di dalam batik terkandung nilai spiritual dan filosofis yang amat lekat dengan kehidupan manusia, sejak dilahirkan hingga diantarkan ke liang lahat. 
 
Motif batik memiliki cerita dan maknanya masing-masing, motif batik truntum misalnya, yang memiliki makna tentang rasa cinta yang bersemi kembali. Sehingga motif batik truntum biasa dikenakan baik oleh mempelai pengantin maupun oleh orang tua pengantin pada saat upacara pernikahan adat tradisional. Harapan yang hendak dicapai ketika mengenakan kain motif truntum pada saat upacara pernikahan adalah, semoga kelak kedua mempelai pengantin bisa menjalani kehidupan rumah tangga yang harmonis dan langgeng. 
 
Setelah dikukuhkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda pada 2 Oktober 2009, setiap tanggal 2 Oktober dirayakan sebagai “Hari Batik Nasional.” Dalam rangka memperingati hari batik nasional di tahun 2015 ini, Sobat Budaya bersama Bandung Fe Institute meluncurkan aplikasi “Map of Batik” sebagai hasil riset dan inovasi atas upaya pengumpulan data batik yang dilakukan sejak tahun 2005.
 
Batik di Indonesia sangat beragam. Ia tidak hanya berkembang di Pulau Jawa saja, namun juga di Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Papua. Nyaris hampir setiap daerah memiliki corak batik yang khas. Dalam proses pendataan budaya yang dilakukan secara bersama-sama oleh Sobat Budaya dan Bandung Fe Institute selama 9 tahun terakhir, melalui situs www.budaya-indonesia.org, telah terdokumentasikan setidaknya 5.849 motif batik, yang tersebar dari Aceh hingga ke Papua.
 
“Map of Batik” dibuat untuk tujuan melihat evolusi dan perkembangan batik di Indonesia, menjadi alat identifikasi asal usul batik, serta untuk alat edukasi kepada masyarakat. Masyarakat dapat menggunakannya untuk melihat deskripsi detail dari sebuah motif batik dan pola kekerabatannya dengan motif batik yang lain. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis bagi pengguna Android dan iOS. 
 
Semoga aplikasi “Map of Batik” ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kecintaan kita terhadap batik, sebagai warisan tradisi adiluhung Nusantara.
 
Sumber : http://www.goodnewsfromindonesia.org/2015/10/07/map-of-batik-edukasi-budaya-tradisional-melalui-teknologi/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *