8 Makanan yang Berpotensi Mengandung Racun

8 Makanan yang Berpotensi Mengandung Racun
Hindari mengonsumsi telur mentah. 
 
Keracunan makanan tanpa disadari sering terjadi. Sulit memang menentukan makanan apa saja yang aman untuk dimakan. Tapi, mengetahui makanan mana yang berpotensi berisiko racun membantu Anda dalam menghadapi masalah ini.
 
Sarah Klein menegaskan bahwa makanan yang dimaksud ada di mana-mana dan merupakan bagian dari diet yang sehat. Dan berikut beberapa makanan yang berpotensi beracun.
 
 
1. Sayuran hijau
 
Ya, sayuran hijau menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyebabkan keracunan sekitar 8.836 kasus antara tahun 1998 dan 2008. Sayuran hijau gampang terkontaminasi oleh kotoran. Oleh karena itu, cuci sampai benar-benar bersih sebelum mengolah sayuran hijau untuk dikonsumsi.
 
 
2. Telur
 
Bakteri salmonella yang mengintai dalam telur dapat menyebabkan wabah penyakit. Kuncinya adalah hanya memasaknya dengan tepat sebagi kunci membasmi kuman. Hindari memakan setiap produk yang mengandung telur mentah termasuk adonan kue.
 
 
3. Daging
 
Makanan mentah dari hewan yakni daging, telur, dan susu adalah makanan yang paling mungkin terkontaminasi bakteri E. coli. Pastikan Anda tidak pernah menyantap makanan tanpa dimasak sebelumnya untuk menghindari penyakit. 
 
 
4. Ikan tongkol
 
Ikan jenis ini dapat terkontaminasi oleh scombrotoxin, yang menyebabkan kemerahan, sakit kepala, dan kram. Jika disimpan di atas suhu 60 derajat, ikan melepaskan toksin yang tidak dapat dihancurkan dengan dimasak. Maka dari itu, setelah membeli atau menangkap ikan segera memasaknya atau disimpan di lemari es bila ingin memasak nanti.
 
 
5. Tiram
 
Jika disajikan mentah atau kurang matang, tiram dapat mengandung kuman yang disebut norovirus dan bakteri Vibrio vulnificus yang dikenal dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare.
 
 
6. Kentang
 
Kentang segar yang dimasak dengan benar tidak mungkin menyebabkan penyakit. Tapi hati-hati untuk salad kentang yang disiapkan di beberapa restoran. Kontaminasi silang (transfer kuman dari jenis makanan lain, biasanya lain) bisa menyebabkan kentang terkena kuman seperti listeria, shigella, E. coli dan salmonella.   
 
 
7. Keju
 
Keju dapat terkontaminasi bakteri Salmonella atau Listeria yang dapat menyebabkan keguguran. Itu sebabnya dokter selalu menyarankan wanita hamil untuk tidak menyantap keju.
 
 
8. Es krim
 
Es krim telah dikaitkan dengan 75 wabah yang disebabkan oleh bakteri Salmonella dan Staphylococcus pada tahun 1990 hingga 2006. Salah satu wabah tersebut terjadi ketika es krim diangkum pada truk yang membawa telur nonpasteurized yang digunakan membuat es krim tanpa re-pasteurisasi. Sekitar 224.000 orang pada tahun 1994 itu dinyatakan keracunan es krim.
 
Di sisi lain, infeksi juga dapat terjadi ketika orang membuat es krim di rumah dengan bahan telur mentah.
 
 
Sumber : http://rona.metrotvnews.com/read/2015/10/07/438689/8-makanan-yang-berpotensi-mengandung-racun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *