Indahnya Berbagi dan Berkolaborasi

Sebenarya sifat berbagi dan berkolaborasi (kerjasama) sebenarnya telah diajarkan sejak usia dini dimana sewaktu kecil kita sebagai manusia sudah sering diajakrkan untuk hidup bermasyarakat dan bersosialisasi. Dengan diajarkannya bermasyarakat dan bersosialisasi sejak usia dini diharapkan sensitifitas kita sebagai mahkluk sosial dalam berbagi dan berkolaborasi terus di asah dan meningkat. Namun seiring bertambahnya usia kita mulai memiliki yang namanya ego dan gengsi dimana ego dan gengsi tersebut sering kali mengalahkan niat kita dalam berbagi dan kolaborasi. Padahal memiliki sifat berbagi dan kolaborasi selagi kita memiliki niat yang lurus dan positif tidak lah sebuah hal yang negatif.

Memiliki sifat berbagi dan kolaborasi memang tidaklah mudah. Kita harus terus mengup-grade diri kita dalam hal pengetahuan, pengalaman dan keinginan untuk berbagi dan kolaborasi. Dalam buku Young On Top saya sendiri banyak berlajar mengenai berbagi dan kolaborasi dalam berbagai hal. Dimana ketika kita memiliki tujuan, visi ataupun misi untuk diri sediri bahkan untuk kelompok rasanya sulit akan tercapai jika kita melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain disekitar kita.

Beruntungnya kita sebagai Warga Negara Indonesia ialah dalam pendidikan formal maupun non formal di Indonesia sudah menyediakan wadah atau tempat untuk kita belajar berbagi dan kolaborasi melalui organisasi. Dalam Organisasi kita akan mendapatkan pelajaran secara langsung maupun tidak langsung dalam hal berbagi dan kolaborasi dalam mencapai suatu goal atau tujuan dalam setiap program dalam organisasi tersebut.

Selain Organiasi didalam Pendidikan formal maupun non formal di Indonesia sendiri sudah banyak Organiasai, kelompok, maupun komunitas yang kita bisa pilih sesuai dengan passion diri kita, tujuan diri kita dalam mengembangkan dan meng upgrade diri kita sendiri. Dalam organisasi, kelompok atau komunitas itu akan banyak sekali pengalaman dan pembelajaran mengenai berbagi dan kolaborasi. Namum timbul pertanyaan yang akan berbalik kepada diri kita sendiri apakah diri kita siap untuk berbgai dan kolaborasi? atau masih kalah dengan ego dan gengsi yang kita miliki? Jawabannya hanya diri kita lah yang tahu.

 

Salam Berbagi dan Kolaborasi

Rendika Rezky

 

1+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *