Kurang Minum Air Putih Bisa Buat Anda Ingin Terus Ngemil

Kurang Minum Air Putih Bisa Buat Anda Ingin Terus Ngemil
Salah satu penyebab berat badan berlebih adalah ketidakmampuan seseorang mengontrol hasrat makannya. Seperti diketahui, hasrat makan yang muncul tidak selalu disebabkan oleh perut lapar. Bisa juga karena faktor lain yang seringkali tidak terduga.
 
Tahukah Anda jika kurang minum air, Anda cenderung lebih banyak ngemil? Ketika tak mendapat asupan cairan yang cukup, tubuh akan salah mengartikan rasa haus Anda dengan rasa lapar.
 
Tubuh dehidrasi akan mengirimkan sinyal-sinyal yang membingungkan hypothalamus (bagian dari otak yang mengatur hormon nafsu makan), sehingga memunculkan hasrat untuk mengunyah camilan ketika sebenarnya yang diperlukan hanyalah segelas air putih. 
 
 
Pakar nutrisi Rhiannon Lambert, seperti dikutip dari Daily Mail mengatakan, "Tubuh kita 60 persennya air dan sel-sel membutuhkannya. Jika Anda dehidrasi, Anda bisa jadi mudah marah, lelah dan kehilangan konsentrasi. Tapi perasaa itu seringkali disalahartikan otak sebagai kebutuhan untuk makan karena efeknya sama."
 
Oleh karena itu sangat disarankan Anda mencukupi kebutuhan akan cairan, minimal 1,5 sampai dua liter per hari. Air putih sebaiknya diminum tidak hanya saat Anda merasa haus, karena haus merupakan salah satu tanda dehidrasi ringan.
 
Minumlah air secara teratur misalnya setiap satu atau dua jam sekali. Tidak disarankan meneguk air banyak-banyak sekaligus karena bisa mengganggu organ dalam tubuh terutama ginjal.
 
Cairan sebanyak 1,5 – 2 liter pun tidak harus selalu berupa air putih. Anda bisa mendapatkannya dari makanan dengan kadar air tinggi misalnya buah dan sayuran atau jus buah. Namun sebaiknya perbandingan antara minum air putih dengan cairan lainnya, lebih diperbanyak air putih. Untuk mengatasi bosan karena air putih yang hambar, bisa ditambahkan potongan lemon, jeruk atau ketimun agar terasa lebih segar.
 
Sumber : http://wolipop.detik.com/read/2015/10/09/101739/3040263/849/kurang-minum-air-putih-bisa-buat-anda-ingin-terus-ngemil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *