Terlalu Mengumbar Kehidupan Pribadi di Media Sosial Bikin Susah Dapet Kerja?

Terlalu Mengumbar Kehidupan Pribadi di Media Sosial Bikin Susah Dapet Kerja

 

Tidak bisa kita pungkiri bahwa keberadaan media sosial sangat berpengaruh terhadap keseharian kita. Apapun yang kita lihat cenderung kita posting tanpa memikirkan sebab dan akibatnya. Padahal, media sosial itu juga jadi salah satu medium untuk menciptakan personal branding. Nah, ngomongin media sosial, ternyata ada kaitannya lho dengan dunia karir. Hmm maksudnya apa ya?

Media sosial juga jadi salah satu tolak ukur HRD untuk menerima karyawan. Karena, media sosial bisa menunjukkan kepribadianmu lho, YOTers. Gimana caranya? Yaitu dengan melihat konten apa yang kamu posting di media sosial kamu. Dilansir dari Kompas, menurut survey yang dilakukan di tahun 2017 oleh rawhide.org, situs pengembangan potensi remaja, jumlah perekrut karyawan yang mencari tahu profil calon karyawannya melalui media sosial naik hingga 500 persen dalam satu dekade terakhir. Media sosial yang kerap dilihat adalah LinkedIn (94%), Facebook (66%) dan Twitter (52%). Poin yang dinilai dari para perekrut ialah cocok tidaknya kepribadian calon karyawan dengan budaya kerja di perusahaan tersebut, pengalaman kerja, jaringan atau pertemanan serta kemampuan berkomunikasi.

Terus, apakah dengan mengumbar kehidupan pribadi akan membuat kita sulit mendapatkan pekerjaan? Gak juga kok. Itu semua tergantung dari konten apa yang kamu post di media sosial kamu. Kalo kamu sering sharing ilmu dan menyebarkan hal-hal yang positif tentunya akan membuat HRD terkesan dengan kamu. Tapi, kalau sebaliknya ya tentunya HRD akan berpikir dan mempertimbangkan lagi untuk merekrut kamu. Berpikir dua kali sebelum posting konten apapun di media sosial ya, YOTers.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *