Prepare For The Worst

Tidak dapat dipungkiri dalam sebuah kehidupan kita akan mengalami hal-hal buruk diluar kuasa kita, tak sejalan dengan planning menjadi penyebab sesuatu hal yang buruk. Sama halnya dengan kekhawatiran para fresh graduate, persaingan mecari kerja yang luar biasa setiap tahun hampir puluhan ribu mahasiswa melelang status mahasiswanya untuk kemudian menjemput rezeki yang diingkan padahal daya tambung lowongan kerja tidak linear dengan pelamar. Hal ini memicu banyaknya sarjana menjadi penganguran.  Bersiap siap akan hal buruk yang menimpa bukan sesuatu yang pesimis hanya saja kita lebih mengutamakan untuk mewaspadai jika sesuatu hal buruk terjadi. Hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapakan segala kemungkinan bagi mahasiswa sebelum terjun dalam dunia kerja antara lain :

  • Mempersiapkan diri

Segala hal harus dipersiapkan dengan baik. Salah satunya yaitu mental, segala hal dapat terjadi maka penting kita mempersiapkan mental baja agar kita tidak mudah down ataupun patah semangat. Selalu berpikir positif sangat mempengaruhi kondisi mental dan semangat seseorang. Mengetahui kelemahan dan kelebihan kita juga dapat memeberi arah kemana kita akan melaju, gunakan waktu luang untuk mengasah bakat dan minat.

  • Planning

Sejauh mana rencana kita akan menentukan bagaimana arah yang dituju. Sebelum lulus buatlah list rencana apa yang diperlukan setelah lulus nanti termasuk dimana kita akan  membagikan CV, jangan biarkan kamu masuk daftar fresh graduate pengaganguran. Jangan hanya membuat satu perencanaan buatlah rencana cadangan jika terjadi penolakan.

  • Hiburan

Ketika kita dihadapkan dengan berbagai penolakan, kita perlu menghibur diri supaya tidak mempengaruhi mood dalam perjalanan selanjutnya. Luangkan waktu sejenak untuk mensyukuri apa yang telah kamu lalui, motivasi dirimu agar tidak mudah menyerah. Istiratkanlah pikiranmu sejenak nikmati kopi yang ada didepanmu J.

 

Hoping for the best, prepared for the worst and unsurprised by anything in between ~ Maya Angelou

1+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *