4 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Supaya Gak Salah Ambil Jurusan Kuliah

4 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Supaya Gak Salah Ambil Jurusan Kuliah - young on top

Hai YOTers yang baru lulus SMA, selamat ya! Sekarang pasti lagi milih mau masuk perguruan tinggi mana dan jurusan apa. Kalau masih ragu dan bingung mau ambil jurusan apa, coba deh kamu perhatiin 4 hal ini, biar kamu gak salah langkah.

  1. Pilih Jurusan yang Kamu Minati

Memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat tentunya akan lebih menyenangkan dan kamu gak akan terpaksa menjalaninya. Kenali dulu dirimu lebih dalam untuk mengetahui apa minat dan bakatmu. Oh iya, memilh jurusan juga jangan sekadar ikutan tren ya. Pastikan jurusan yang kamu pilih sesuai dengan kata hatimu.

  1. Cari Tahu Plus Minusnya

Saat ingin mendaftar kuliah, pastinya kamu memiliki list jurusan yang kamu pilih. Nah, dari list tersebut cari tahu lagi plus minusnya. Misalnya, akreditasi jurusan, karena akreditasi kampus dan jurusan berbeda. Lalu kamu bisa cari di internet mengenai materi kuliah dari list jurusan yang kamu pilih. Nah, ini bisa jadi pertimbanganmu nanti dalam memilih jurusan kuliah yang tepat.

  1. Konsultasi dengan Orang yang Tepat

Wajar kalo kamu takut atau ragu dalam menentukan jurusan kuliah. Untuk memecahkan keraguanmu, konsultasikan perihal jurusan kuliah ini ke orang yang tepat. Kamu bisa konsultasi ke guru BK di sekolah, orang tua, atau mahasiswa yang telah menjalani studi di jurusan tersebut. Pilihlah orang yang tepat untuk diajak berkonsultasi mengenai hal ini.

  1. Jangan Ikutan Teman

Terakhir dan yang gak kalah penting adalah jangan ikutan teman dalam keputusan mengambil jurusan kuliah. Karena menjalani sesuatu hal yang gak dari hati atau sesuai keinginan sendiri pasti akan terasa berat. Belum tentu jurusan yang dipilih oleh temanmu sesuai dengan minatmu. Kalo cuma ikut-ikutan, gak menutup kemungkinan di tengah jalan nanti kamu akan merasa kesulitan.

Nah itu dia 4 hal yang harus kamu perhatikan supaya gak salah dalam mengambil jurusan kuliah. Semangat untuk kamu yang sedang berjuang untuk masuk ke kampus dan jurusan idaman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *