Why leadership?

Leadership atau dalam bahasa indonesia adalah kepemimpinan bukanlah kata yang asing lagi di telinga kita. Apalagi sebagai pemuda, kita tentunya sudah banyak kali disirami materi maupun diasah secara langsung mengenai kepemimpinan.

Sebenarnya apa sih itu kepemimpinan? Kenapa sering kali menjadi buah bibir? Bahkan banyak sekali seminar dan training yang menjamur tentang kepemimpinan.

Dilansir dari forbes.com menurut Kevin Kruse, CEO of LEADx and author of Great Leaders Have No Rules, kepemimpinan adalah proses pengaruh sosial yang memaksimalkan upaya orang lain, menuju pencapaian suatu tujuan. Menurut Warren Bennis, kepemimpinan adalah kapasitas untuk menerjemahkan visi menjadi kenyataan. Dilansir dari thebalancesmb.com kemimpinan adalah seni memotivasi sekelompok orang untuk bertindak menuju pencapaian tujuan bersama. Dari beberapa pengertian ini, kita bisa menuai poin penting dari kepemimpinan yakni pengaruh, orang, dan tujuan. Sehingga bisa ditarik titik tengah bahwa kepemimpinan berarti kemampuan untuk mempengaruhi sekelompok orang untuk suatu tujuan tertentu.

Terus why leadership? Ada apa dengan kepemimpinan?

“If you build an army of 100 lions and their leader is a dog, in any fight, the lions will die like a dog. But if you build an army of 100 dogs and their leader is a lion, all dogs will fight like a lion.” – Napoleon Bonaparte

Jika kamu membangun pasukan dengan 100 ekor singa dan pemimpinnya adalah seekor anjing, dalam pertarungan apa pun, singa akan mati seperti anjing. Tetapi jika kamu membangun pasukan dengan 100 ekor anjing dan pemimpinnya adalah singa, semua anjing akan bertarung seperti singa. Itulah kata-kata yang dilanturkan oleh seorang kaisar hebat di benua biru, Napoleon Bonaparte.

Perancis yang sekarang bisa kita lihat dengan pesona gagah monumen Arc de Triomphe-nya, hanyalah sebuah utopia belaka. Jika bukan karena sosok kepemimpinan luar biasa dari seorang Napoleon Bonaparte. Bahkan Indonesia sekarang pun boleh jadi belum merdeka, kalau tidak dengan kehebatan kepemimpinan para leluhur kita. Young on Top ini pun boleh jadi akan bernasib sama dengan organisasi dan komunitas kepemudaan lainnya yang telah membisu bahkan sirna ditelan senja, kalau bukan karena sosok kepemimpinan dari seorang Billy Boen.

Di sini bisa dipahami bahwa penting sekali pemimpin yang tau tentang cara memimpin dalam melakukan misi tertentu. Dan hadirnya kepemimpinan dalam setiap pemuda khususnya akan membangun peradaban yang lebih baik lagi. Bagaimana menurutmu, kalau setiap pemuda bisa sehebat Napoleon Bonaparte, sewibawa Soekarno dan segigih Billy Boen?

#katasicans #mikircans
Sumber:
1. https://www.forbes.com/sites/kevinkruse/2013/04/09/what-is-leadership/#6d7ea51c5b90
2. https://www.thebalancesmb.com/leadership-definition-2948275

5 thoughts on “Why leadership?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *