Apa yang Dinilai HRD Saat Proses Wawancara?

Apa yang Dilihat HRD Saat Proses Wawancara

Dalam melamar kerja, pasti ada proses wawancara yang harus kita hadapi. Nah, dalam menghadapi wawancara kerja ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan nih, karena ada beberapa poin yang jadi penilaian para HRD. Nah, penilaian ini pastinya berpengaruh terhadap keputusan diterima atau tidaknya kamu di perusahaan tersebut. Lalu, apa aja sih yang dinilai sama HRD saat wawancara kerja? Ini dia:

  1. Kompetensi

Poin yang paling utama dinilai HRD saat wawancara kerja. Kompetensi ini bisa dilihat dari skill yang kamu punya, pengalaman kerja, pendidikan dan pengalaman organisasi kamu. Semakin mendekati kompetensimu dengan posisi yang kamu lamar, semakin terbuka lebar juga peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

  1. Penampilan

Gak kalah penting adalah penampilan. Bukan soal harus cantik atau ganteng ya. Tapi lebih ke bagaimana cara kamu berpakaian, aksesori apa yang kamu pakai, dandanan kamu. Karena itu berpengaruh juga ke profesionalisme kamu yang akan dinilai sama HRD. Ada bocoran nih buat kamu, umumnya HRD itu tertarik dengan pelamar kerja yang tampil dengan makeup natural, menggunakan busana yang pas dikenakan di badan dalam artian terlihat nyaman, pakaian berwarna cerah dan minim aksesori.

Baca juga: Kenapa Penampilan Menarik Jadi Syarat Penerimaan Karyawan? Ini Alasannya

  1. Attitude

Attitude seperti apa sih yang dimaksud? Yaitu kamu bisa menjaga sikap kamu selama proses wawancara. Gimana HRD bisa menilainya? Yaitu dari gesture tubuh yang kamu keluarkan saat wawancara. Karena, gesture tubuh itu memiliki pengertiannya masing-masing lho. Kita akan bahas ini di artikel selanjutnya ya!

  1. Antusiasme

Nah, kalau poin ini HRD akan menilai dari seberapa besar minat kamu untuk bergabung di perusahaan tersebut melalui persiapan yang kamu lakukan. Mulai dari mencari tahu tentang perusahaan tersebut sampai cari tahu job desk dari jabatan yang kamu lamar. Makanya, persiapkan diri kamu sebaik-baiknya ya!

  1. Cara Berbicara

Poin yang satu ini untuk mengukur kemampuan kamu dalam berkomunikasi. Cara berbicara juga bisa menentukan profesionalitas, kepercayaan diri dan mengukur bagaimana kamu mampu mengontrol emosi kamu. Naik turunnya intonasi juga jadi poin penilaian HRD lho YOTers.

Baca juga: Alasan Kenapa Membangun Relasi Itu Penting

  1. Pengambilan Keputusan

Poin ini bisa dinilai dari jawaban yang kamu berikan. Bisa kelihatan tuh kamu tipikal orang yang bisa ngambil keputusan dengan cepat atau enggak. Gak hanya itu, bisa dinilai juga keputusan yang kamu ambil tepat atau enggak.

Nah, itu dia beberapa poin yang dinilai sama HRD saat proses wawancara kerja. Tenang YOTers, selama kamu mempersiapkan diri kamu dengan baik, wawancara juga akan berjalan dengan baik dan tentunya hasilnya akan maksimal juga.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *