Agar Maag Tak Kambuh, Hindari 5 Hal Ini

Agar Maag Tak Kambuh
Hindari hal yang memicu maag. 
 
Asam lambung merupakan salah satu gejala dari penyakit maag. Biasanya, luka di bagian lambung menyebabkan mual dan sensasi terbakar pada daerah kerongkongan. 
 
Sakit maag bisa diobati dengan obat-obatan yang tersedia di apotek. Namun, obat tersebut akan membuat Anda ketergantungan. Sebaiknya, Anda perhatikan hal apa saja yang bisa membuat maag Anda kambuh dan cara menghindarinya.
 
 
1. Makanan pedas
 
Ada banyak makanan yang memicu masalah pencernaan seperti makanan pedas, cokelat, permen, jeruk, cabai dan bawang mentah. Dan menurut Jeffrey Alexander, MD, faktor utama penyebab maag itu adalah makanan berlemak yang dikonsumsi secara berlebihan.
 
 
2. Minuman berkarbonasi
 
Minuman berkarbonasi, jus buah, dan alkohol, dapat berkontribusi untuk sakit maag. Di sisi lain, kafein kata ahli gizi, Amy Gross juga bisa melemaskan sfingter esofagus yang membuat asam lambung menjadi naik mendadak. 
 
 
3. Kegemukan
 
Peningkatan indeks massa tubuh telah diakitkan dengan peningkatan refluks terutama dalam kasus perut yang besar. Gaya hidup dan olahraga itu penting untuk menurunkan lemak di dalam tubuh sehingga maag tidak sering-sering kambuh.
 
 
4. Kurang air
 
Minum banyak air membantu mencuci asam lambung Anda agar tidak naik sehingga mual dapat dihindari. 
 
 
5. Posisi tidur
 
Seseorang cenderung akan maag saat mengonsumsi makanan berlebihan dan langsung berbaring. Setidaknya, tunggu beberapa menit atau satu jam sebelum tidur. Namun, bila maag kerap kambuh saat tidur sebaiknya Anda tidur dengan posisi kepala enam inci lebih tinggi, membuat asam lambung tidak bisa naik drastis. 
 
 
Sumber : http://rona.metrotvnews.com/read/2015/10/13/179903/agar-maag-tak-kambuh-hindari-5-hal-ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *