YOT- Depok, Ini Aksi Hijauku untuk Kotaku

YOT- Depok

Minggu, 11 Oktober 2015 lalu, YOT Depok ikut berpartisipasi dalam acara Depok Green Festival. Tidak hanya berpartisipasi saat acara itu berlangsung, kali ini ada beberapa anggota YOT Depok yang ikut menjadi panita dan volunteer dalam pelaksanaan acara Depok Green Festival bersama Forum Komunitas Hijau Kota Depok. Acara Depok Green Festival yang diadakan di Situ Sidomukti Studio Alam ini berupa Aksi Hijau dan Festival Hijau yang dimulai dari Balaikota Depok berakhir di Situ Sidomukti. Berpartisipasi langsung dalam acara ini merupakan pengalaman pertama bagi anggota-anggota YOT Depok.

Acara Depok Green Festival pada hari minggu dimulai sejak pukul 07.00 dan diikuti oleh Wakil Walikota Depok, komunitas-komunitas di kota Depok, dan masyarakat kota Depok. Acara yang mempunyai jargon “Hijau Aksiku, Hijau Kotaku” ini merupakan acara tahunan di kota Depok yang bertajuk Parade Hijau ini bertujuan untuk menjadikan kota Depok sebagai kota hijau karena kita tahu, semua itu dimulai dari diri sendiri dan lebih bermanfaat jika dilakukan bersama-sama. Selain mengikuti Parade Hijau, YOT Depok juga membuka stand komunitas di acara tersebut untuk memperkenalkan komunitas YOT Depok.

Pada hari pertama acara Depok Green Festival yang bertajuk ‘Aksi Hijau’, beberapa anggota YOT Depok menjadi volunteer dan ikut serta bersepeda bersama, tebar bibit ikan di Situ Sidomukti, penanaman pohon, dan pembuatan lubang biopori. Dan pada hari kedua anggota YOT Depok menjadi salah satu komunitas yang ikut serta dalam ‘Festival Hijau’.

Tidak hanya sekadar itu, YOT Depok pun ikut serta dalam beberapa rangkaian lomba yang diadakan di acara Depok Green Festival. Diantaranya, lomba Green Product, lomba Menyebrang Situ, dan lomba Photo Competition. Awalnya yang hanya sekadar berpartisipasi, ternyata YOT Depok menang dalam lomba Menyebrang Situ dan Photo Competition. Anggota YOT Depok yang ikut serta pun merasa senang dengan acara tersebut dan tertarik untuk ikut serta pada acara Depok Green Festival selanjutnya.

Tanpa mengenal lelah untuk berpartisipasi, anggota YOT Depok tetap mengikuti serangkaian acara sampai akhir. Menikmati penampilan berbagai musik, ada Perkusi, Institut Musik Jalanan, The Coffee Band, dan dengan Guest Star utama Fadly ‘Padi’.

Aksi Hijau adalah sebuah pendekatan awal dengan masyarakat untuk lebih menyadari betapa pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Melalui serangkaian kegiatan pada acara Depok Green Festival, beberapa harapan tercapai dalam membersihkan dan menjaga lingkungan. Hal yang sangat penting untuk lebih memerhatikan lingkungan sekitar.

Melalui keikutsertaan dalam mengikuti acara ini dapat mengetahui mengapa lingkungan sangat penting dan berkaitan erat dengan kehidupan. Itulah sekilas tentang Aksi YOT Depok pada acara Depok Green Festival. Dengan adanya Aksi Hijau ini, harapan lain muncul. Berharap banyak masyarakat yang lebih memerhatikan lingkungan.

 

Dan dimana ada YOT Depok, pasti ada keseruan~

Tulis Komentarmu