YOT Bogor – Team Building

YOT Bogor - Team Building

“The strength of the team is each individual member. The strength of each member is the team” – Phil Jackson –

Quotes di atas cukup untuk menggambarkan betapa pentingnya membangun sebuah team untuk dapat mencapai tujuan bersama. Senada dengan Phil Jackson, seorang Helen Keller bahkan mengatakan bahwa “alone we can do so little, together we can do so much.”

YOTBogor sebagai salah satu komunitas yang ingin memberikan dampak besar bagi lingkungan sekitar memahami juga pentingnya hal tersebut. Oleh karena itu, divisi PGA merancang sebuah acara seru yang ditujukan untuk menyatukanvisi dan misi yang sama di antara para member. Acara ini dinamakan ‘Team Building’. Team building kali ini juga ditujukan untuk membangun kedekatan di antara para member sekaligus mengenalkan YOTBogor kepada member yang baru.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 16-17 oktober 2015 di villa Pak Eka, Dramaga – Bogor. Jauhnya jarak vila yang ditempuh tidak menyurutkan semangat para member untuk menghadiri acara ini. Acara dimulai pada malam hari namun para pengurus sudah tiba di lokasi pada sore hari untuk menyiapkan segala kebutuhan untuk acara ini. Sebelum malam tiba, para peserta sudah mulai berdatangan ke lokasi diselenggarakannya acara. Setidaknya terdapat dua puluh lima orang yang hadir pada saat itu.

Acara dimulai malam hari dan dilanjutkan oleh pengenalan para member dengan cara yang unik. Setelah itu, mereka dipersilahkan untuk membentuk kelompok dan mendiskusikan penampilan beserta yel-yel yang akan ditampilkan selama lima menit. Riuh suara setiap kelompok yang mulai kebingungan memilih pertunjukan yang akan ditampilkan. Lima menit berselang, kelompok 1 maju ke depan untuk menampilkan sebuah tarian kemudian disusul oleh kelompok 2 yang menampilkan puisi berantai. Sesi ini ditutup oleh kelompok 3 yang menampilkan parodi dari reality show‘dunia lain’ yang membuat setiap peserta tertawa.

Memasuki pukul 9 malam, colind sebagai presiden YOTBogor mempresentasikan komunitas ini kepada seluruh peserta dan community coordinator kita, Kak Fay. Kak fay yang bersedia datang jauh-jauh dari jakarta kemudian maju ke depan untuk memulai sesi sharing bersama, sesi yang paling seru sekaligus menegangkan. Banyak sekali masukan berharga yang kita dapat dari beliau. Malam semakin larut, perut semakin keroncongan. Akhirnya tiba juga saat yang dinanti-nantikan, yaitu makan bersama di depan api unggun.

Perut kenyang, semangat pun datang. Kami antusias menunggu acara selanjutnya yang diadopsi dari acara YOTCamp, yaitu ‘angel’ . setiap peserta yang mendapatkan angel-nya harus mendekati dan mencari tahu lebih banyak tentang mereka. Di sesi ini, mereka harus memberi angel tersebut kado. Ada peserta laki-laki yang mendapatkan dua bros kerudung, ada pula peserta yang sangat beruntung mendapatkan satu bungkus makanan ringan dan dua sachet shampo.

Acara ditutup sementara dan dilanjut keesokan harinya. Pagi-pagi kami berkumpul untuk mengikuti outbond. Ada tiga games yang kami ikuti, puzzle, lempar kacang, dan wetspongegame. Gamepuzzle mengajarkan kami untuk membangun komunikasi yang baik. game lempar kacang mengajarkan kami bahwa sesuatu yang kecil dapat memberikan dampak yang besar bila dilakukan bersama-sama. Gamewetsponge menanamkan nilai kebersamaan sekaligus mengajarkan kami bahwa sebagai organisasi kita harus mampu menyaring dan mempertahankan nilai-nilai baik untuk organisasi ini.

Tubuh yang lelah tidak menyurutkan semangat kami untuk mendiskusikan program yang akan dilaksanakan selama masa kepengurusan ini. Banyak ide-ide gila sekaligus menarik yang datang dari para member. Banyak juga masukan untuk program lain untuk divisi PGA, Marcom, dan BPH.

Banyak hal yang didapatkan dari acara seru ini. Semoga semua anggota YOTBogor bisa menjadi keluarga dan mencapai tujuan bersama, learn and share.

See you on top!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *