7 Tips Kreatif Buat Kamu yang Gampang Lupa, Supaya Selalu Ingat Taruh Kunci di Mana

7 Tips Kreatif Buat Kamu yang Gampang Lupa

Mungkin karena sedang banyak pikiran atau pada dasarnya pelupa, kita sering nggak ingat di mana terakhir kali meletakkan kunci. Entah itu kunci motor, mobil, atau kamar, berjam-jam bisa habis untuk mencari kunci-kunci ini kalau mereka sudah hilang. Duh, repot deh pokoknya!

Masih mau sering lupa lagi? Mengingat kerepotan dan kehebohan yang bisa terjadi karena ini, sebaiknya sikap teledor ini kamu atasi. Ikuti deh 7 tips kreatif di bawah ini. Dengan mengaplikasikannya, kamu akan lebih ingat kunci dan barang-barang pentingmu ada di mana. No more drama!

 
1. Manfaatkan gantungan yang segede dosa supaya kuncimu selalu terlihat mata. Fluffy keychain ukuran jumbo ini bisa banyak berguna
 

\"Name\"
Fluffy fur keychain bikinan sendiri via www.youtube.com

Salah satu alasan kenapa kunci jadi benda yang sering banget terlupa adalah bentuknya yang mungil. Untuk mengatasinya, kamu bisa membeli atau membuat sendiri gantungan kunci yang ukurannya mencolok. Misalnya saja, gantungan kunci bulu-bulu alias fluffy fur keychain ini.

\"Name\"


Tertarik membuatnya? Kamu membutuhkan setangkup cotton balls, benang dan jarum, gunting, serta kain bulu hi pile. Kamu bisa juga membeli kain bulu rasfur yang lebih mudah ditemui di toko-toko. Potong kain menjadi lingkaran dengan diameter 20cm. Bentuk kain tersebut jadi semacam mangkok dengan tusuk jelujur renggang, lalu masukkan cotton balls ke dalamnya. Tutup kain yang sudah diisi cotton balls dengan menjahitnya, lalu pasang besi gantungan kunci dengan jarum dan benang. Jadi, deh!

Tutorial selengkapnya bisa kamu lihat di video ini.

 
2. Bengkokkan sendok dan tempelkan dengan lem di atas balok kayu. Voila, kamu punya key holder baru!
 

\"Name\"

Sendok kreatif via www.buzzfeed.com

Tak hanya saat sedang di luar, di rumah pun kamu masih sering lupa di mana terakhir kali menaruh kunci. Untuk mengatasinya, buat saja key holder dari sendok garpu bekas yang dibengkokkan ini. Pertama-tama, cat blok kayumu jadi warna-warni, kemudian paku ke dinding sampai menempel kencang. Bengkokkan sendok-garpu bekas dengan tang, lalu tempel di atas blok kayu dengan lem. Jadi deh, key holder baru untuk kuncimu!

Via DesignSponge.

 
3. Kalau mau yang gampang dan super low budget, buat saja key holder dari mantan kartu debit
 

\"Name\"

Debit card key holder via edcforums.com

\"Name\"

Bagian belakang via edcforums.com

Untuk membuat key holder tipis nan bermanfaat ini, kamu cuma butuh kartu kredit atau debit bekas dan cutter. Iris kartu bekasmu mengikuti garis di atas, lalu selipkan kunci di antara irisan-irisan kartu. Supaya mengirisnya lebih mudah, buatlah irisan dari bagian belakang kartu. Tipis saja — lalu bikin irisan itu lebih “menganga” dengan cara menekuk-nekuk kartu.

Tutorial lengkapnya di sini.

 
4. Supaya tak gampang lupa, satukan semua kunci dengan binder clip yang sama
 

\"Name\"

Binder clip key via sewmanyways.blogspot.co.id]


\"Name\"

Tas + gantungan kunci via sewmanyways.blogspot.co.id

Kamu tak perlu repot-repot membeli gantungan kunci baru, sulap saja binder clip ukuran besar jadi gantungan kuncimu. Kamu hanya butuh beberapa keyring untuk menyambungkan kunci dengan binder clip. Binder clip ini juga bisa menyatukan beberapa kunci sekaligus, lho. Yuk coba, supaya kamu nggak lagi gampang lupa!

 
5. Buat kamu yang nggak masalah soal biaya, pakai app Tile saja
 

\"Name\"
Tile via chaseandcharles.com

Mungkin kamu tertarik menggunakan Tile. Beli chip-nya di internet, gantungkan bersama kuncimu, lalu kamu bisa tracking di mana kuncimu berada melalui gadget-mu. Canggih ya? Kalau tertarik, silakan nabung dulu karena satu chip harganya 25 dolar. Hehehe.

 
6. Lego sekarang bukan mainan anak-anak saja. Kamu juga bisa menyulapnya jadi gantungan kunci yang berguna

\"Name\"
Lego key holder via www.instructables.com

Mau bikin Lego key holder satu ini? Caranya gampang! Pertama-tama, kaitkan satu piece Lego ke kuncimu dengan sebuah keyring. Lalu, buat papan Lego di atas dinding dengan menempelkan beberapa piece Lego ke sebuah sticky pad atau plastik transparan. Ketika kuncimu sedang tidak dipakai, kamu tinggal menempelkan Lego di kunci dengan papan Lego yang sudah terpasang di atas dinding, deh. Sederhana ‘kan? 🙂

Via Instructables.

 
7. “Pisau kunci” ala Swiss Army ini bisa kamu bikin sendiri, dan dijamin nggak bikin kamu lupa kunci lagi

\"Name\"
DIY Keysmart via www.youtube.com

Mau bergaya ala Swiss Army dengan “pisau kunci” ala DIY ini? Kamu butuh dua papan kayu tipis, cat kayu, dua buah sekrup, dua buah baut, metal sheet, gunting logam, dan bor mini. Prinsipnya, sekrup dan baut ini nanti akan menyambungkan dua papan kayu tipismu (yang sudah dilapisi metal sheet di bagian dalam). Di tengah-tengahnya ada bermacam-macam kunci yang bisa dimasukkan ke dalam atau dikeluarkan seperti pada gambar.

Tertarik membuatnya? Tutorial lengkapnya bisa kamu lihat di sini. Via Make.

 

Kalau kamu termasuk yang sering lupa kuncimu ada di mana, 7 tips di atas boleh dicoba agar hidup bisa lebih tertata. Dari key holder paling sederhana sampai gantungan kunci paling fancy, tinggal pilih yang mana yang kamu suka. Nah, kamu bakal bikin yang mana nih? Selamat mencoba ya!

Sumber : http://www.hipwee.com/tips/7-tips-kreatif-buat-kamu-yang-gampang-lupa-supaya-selalu-ingat-taruh-kunci-di-mana/

Tulis Komentarmu