5 Cara Jack Ma (Pria Terkaya di Dunia) Menghadapi Kesulitan dan Mengubahnya Jadi Kesuksesan

5 Cara Jack Ma (Pria Terkaya di Dunia) Menghadapi Kesulitan dan Mengubahnya Jadi Kesuksesan

Perbedaan mereka yang berhasil dan mereka yang akan jadi mediocre selamanya terletak di 1 hal sederhana saja. Cara menghadapi kegagalan dan penolakanlah yang jadi kuncinya. Sementara orang-orang sukses menghadapi kegagalan dan penolakan dengan tangguh, mereka yang mediocre memilih mundur teratur setiap kesulitan menghampiri.

Ketangguhan menghadapi kesulitan sudah terbukti membuat Jack Ma, pendiri Alibaba Group yang juga salah satu pria terkaya di dunia mendapatkan keberhasilannya. Mau tahu kesulitan apa yang pernah Jack Ma hadapi selama hidupnya? Bagaimana dia menghadapinya dan mengubahnya jadi kesuksesan? Di sini Hipwee akan khusus mengulasnya untukmu.

 

1. Penolakan sudah biasa Jack Ma hadapi. Dari ujian middle school sampai ujian masuk universitas menjadikannya pihak yang gagal

\"Dari

Dari ujian middle school sampai masuk universitas membuat Ma gagal via tumblr.com

Walau sekarang masuk daftar salah satu pria terkaya di dunia versi Forbes, hidup Jack Ma tidak selalu berjalan mulus. Dalam wawancara di Davos World Economic Forum Jack Ma menjelaskan kegagalannya yang terdengar menggelikan jika diceritakan sekarang.

“Dulu saya pernah gagal ujian utama di SD 2 kali. 3 kali gagal di ujian middle school, dan gagal di ujian masuk ke universitas di China 3 kali.”

 

2. Bahkan Harvard pernah menolak aplikasinya sampai 10 kali

\"Harvard

Harvard menolak Ma 10 kali via tumblr.com

Jack Ma mengajukan aplikasi agar bisa kuliah di Harvard hingga 10 kali. 10 kali pula Ma menerima surat penolakan yang mengatakan ia kurang memenuhi kualifikasi untuk bisa diterima di Harvard.

“Sepertinya sekarang saya yang harus mengajar di Harvard”, jadi tanggapan Ma ketika ditanya mengenai perasaannya sekarang terkait penolakan ini.

 

3. Jack Ma pernah mencoba melamar pekerjaan di KFC. Perusahaan menerima 24 orang yang melamar, kecuali Jack Ma

\"Perusahaan

Perusahaan menerima 24 orang yang mendaftar, kecuali Jack Ma via tumblr.com

Saat mulai mencari pekerjaan Jack Ma melamar ke 30 tempat, dan ditolak oleh 30 perusahaan tersebut. Bahkan saat Jack Ma melamar pekerjaan ke KFC di China, Jack Ma menjadi salah satu diantara 25 pendaftar. KFC menerima 24 pendaftar sebagai karyawannya. Kecuali Jack Ma.

 

 

4. Sebelum menjadi guru Bahasa Inggris Jack Ma yang tidak mampu membayar biaya kursus menawarkan diri untuk jadi guide gratisan selama 9 tahun

\"Ma

Ma belajar Bahasa Inggris dengan menjadi guide gratisan selama 9 tahun via tumblr.com

Jack Ma yang sempat menjadi guru Bahasa Inggris. hebatnya tidak pernah belajar Bahasa Inggris di tempat kursus. Karena keterbatasan biaya Jack Ma menawarkan diri untuk menjadi guide gratisan bagi turis yang datang ke daerah asalnya, Hangzhou di Cina.

“Saat ada orang yang bertanya kenapa aku bisa berbicara dengan lancar seperti orang Amerika mereka tidak pernah tahu kalau ini adalah hasil dari menawarkan jasa 9 tahun sebagai guide tanpa dibayar.” 

 

 

5. Soal penolakan ini Jack Ma menjawab: “Penolakan ini bagus. Kita jadi tahu kita tidak seahli itu.”

\"Kalau

Kalau kamu tidak menyerah di tengah jalan, kamu masih punya kesempatan via tumblr.com

Seluruh penolakan yang dialami oleh Jack Ma menyadarkannya akan satu hal. Penolakan ini membuatnya tahu bahwa dia tidak seahli itu. Dengan ditolak Ma jadi mengerti bahwa ia mesti meningkatkan kemampuan diri setiap hari.

Karena penolakan ini juga Ma merasa nothing to loose menghadapi semua yang dihadapinya.

“Saya sudah biasa ditolak. Kalaupun ditolak dan gagal lagi buat saya tidak masalah. Karena ini juga saya berani memulai Alibaba dengan risiko gagal — sebagai orang yang bahkan tidak pernah memakai internet sebelumnya.”

 

Jack Ma telah membuktikan bahwa kegagalan selalu bisa diubah menjadi kesuksesan. Pria ini gagal puluhan kali dalam hidupnya. Tapi kini dia jadi pemilik perusahaan dengan ekuasi jutaan dolar. Kalau dia bisa, kenapa kamu tidak?

 

Sumber : http://www.hipwee.com/sukses/5-cara-jack-ma-pria-terkaya-di-dunia-menghadapi-kesulitan-dan-mengubahnya-jadi-kesuksesan/

Tulis Komentarmu