YOTDepok – To Build Personal Branding Through Public Speaking

YOTDepok - To Build Personal Branding Through Public Speaking

Hai kawan, kalian tau kalau Young On Top Depok (YOT) Depok baru saja mengadakan kegiatan YOT Class yang ke- 3. Seminar dan workshop YOT Class#3 ini mengusung tema “To Build Personal Branding Through Public Speaking“ yang diadakan pada Sabtu, 17 Oktober 2015 pada Jam 10:00 WIB s/d 14:30 WIB. Di Aula Perpustakaan Lt 3, Balai Kota Depok – Jawa Barat.

Yang selesai dilaksanakan dengan baik.

Untuk kalian yang tidak hadir pada acara tersebut, gak usah cemas.karena melalui tulisan ini, saya mau membahas mengenai seputar YOT Class#3 kemarin, mungkin ada yang bertanya,

 

Siapa saja si yang hadir pada acara tersebut?

Apa aja si yang dibahas pada acara seminar tersebut?

Pertanyaan tersebut, sedikit banyak akan terjawab melalui tulisan ini.

Yuk simak seputar YOT Class#3!

 

Acara tersebut dihadiri teman kita dari SMA, Mahasiswa dan Karyawan yang menjadikan suasana ruangan menjadi interaktif. MC-pun mulai berdiri didepan untuk membuka acara Seminar & Workshop YOT Class#3, pada sesi acara pembuka MC mempersilahkan Bayu Syaits Dhin Anwar selaku Project Officer acara YOT Class #3 untuk memberikan sambutan mengenai kegiatan Seminar dan Workshop Public Speaking, selanjutnya sambutan dari Widi Kusnantoyo selaku President YOT Depok. Setelah itu, acara diisi oleh talenta musik dari Ayu Yuliana yang menyanyikan lagu Pemeran Utama yang dipopulerkan oleh Raisa membuat ruangan menjadi khikmat ditandai dengan tepuk tangan meriah peserta, Sampailah saat dimana Narasumber Public Speaking mengisi waktu seminar, beliau adalah Ahmad Syarif (disapa kak syarif), beliau merupakan Training Manager dan Praktisi Public Speaking dari KAHFI Motivator School.

 

Setiap Narasumber yang YOT Depok hadirkan terbilang akrab begitupun kak Syarif, nampak para peserta yang sebelumnya duduk dibelakang mulai maju kedepan untuk lebih dekat dengan kak Syarif.

 

Pada sesi seminar Public Speaking, kak Syarif menjelaskan mengenai gambaran secara umum Public Speaking, persiapan diri dalam mengembakan kemampuan public speaking serta perbedaan Speaking dan Talking. penyampaian materi Public Speaking yang disampaikan kak Syarif dapat dimengerti peserta, sehingga beberapa peserta nampak bertanya saat materi disampaikan. Tak kurang dari 1.5 jam kak syarif mengisi seminar ini,  sesi seminar pun ditutup. Namun masih ada 1 kegiatan lagi dalam rangkaian kegiatan YOT Class# ini, yaitu sesi workshop. Sebelum memasuki sesi workshop, MC mempersilahkan peserta untuk Istirahat dan mengarahkan peserta untuk mengambil snack yang sebelumnya telah dipersiapkan panitia dan kembali keruangan pukul 12:30 WIB.

 

Pada sesi workshop Public Speaking, peserta dihadirkan dengan kehadiran Fasilitator yang siap membantu dan mementori mereka untuk menerapkan kemampuan Public Speaking.Tujuan dari workshop public speaking ini salah satunya adalah dapat membuat peserta lebih percaya diri untuk tampil didepan dan melatih peserta untuk bicara didepan.Disesi ini tiap peserta dibagi kedalam 4 kelompok yang setiap kelompok terdapat 1 fasilitator dan masing-masing kelompok terdapat 4-5 peserta.Susunan kursi yang sebelumnya disusun berbentuk U, pada sesi ini susunan kursi disusun lingkaran hingga menjadi 4 lingkaran dalam 1 ruangan.

 

 Diawal acara workshop, fasilitator mereview materi seminar yang telah disampaikan narasumber dan memberikan tips serta trick kemampuan Public Speaking, salah satu tips-nya mengenai Self Construction yang bertujuan untuk membuat audience tertarik dengan kita (saat berbicara didepan). Selanjutnya masing-masing peserta diberi arahan untuk mempraktikan kemampuan Public Speaking.

 

Satu-persatu peserta berdiri dan mepragakannya dengan presentasi introduction yourself, iniliah sisi menarik dari workshop kali ini, karena peserta yang berbicara tidak hanya menjelaskan nama mereka, tapi alasan, arti serta kenapa nama sapaan dan panjang mereka bisa melekat dengan mereka.

 

Interaksi antara peserta dengan peserta lainnya dan juga fasilitator membuat suasana siang itu terasa bersinergi.Semangat para peserta dalam mempraktikan kemampuan Public Speaking mulai nampak.Tawa, ceria, seru menghiasasi suasana siang itu.Seisi ruanganpun nampak akrab ditambah dengan hadirnya kak Syarif, yang ikut mengisi pembicaraan bersama mereka. Tak terasa waktu menunjukan pukul 14:00 WIB, pesertapun dipersilahkan untuk tampil didepan seluruh peserta, dengan materi yang samaIntroduction Yourself.Beberapa peserta ditiap kelompok mendapat kesempatan untuk maju, untuk memperkenalkan diri mereka. Tibalah saat dipenghujung acara dan berakhir pula seminar dan workshop YOT Class#3.

 

Gimana keseruan acara YOT Class#3?serukan. Untuk kalian yang tidak dapat hadir pada acara YOT Class 1-3. Gak usah khawatir, masih ada kesempatan lain. Pastikan kamu pantau twitter YOT Depok, karena kami berusaha menghadirkan seminar yang bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Jadi persiapkan diri kalian. Terima kasih

 

YOT, Let’s Learn and Share.

Editor: Bayu Syaits Dhin Anwar

Tulis Komentarmu