Merasa Tak Banyak Pikiran Tapi Sering Sulit Tidur

Merasa Tak Banyak Pikiran Tapi Sering Sulit Tidur

TANYA:
 Dok, akhir-akhir ini saya susah tidur. Saya sudah berusaha memejamkan mata namun sangat sulit mencapai mimpi. Kalau untuk masalah kehidupan rasanya tidak ada masalah yang menguras pikiran saya. Padahal kalau malam saya bisa nguap berkali-kali tapi tidak merasa ngantuk. Sebenarnya apa penyebab saya susah tidur? Tolong bantuan untuk solusinya dok.
 
Chariri (39), Serang

JAWAB:
Saudara Chariri yang baik,
Sayang tidak dijelaskan kesulitan tidurnya sudah berapa lama. Biasanya kita anggap masalah tidur berkepanjangan bila sudah lebih dari sebulan terus menerus tidak bisa tidur dengan baik. 

Gangguan tidur menurut penelitian dilaporkan lebih dari 40 persen kasusnya dialami oleh manusia dewasa sepanjang hidupnya. Sering kali orang mengalami kesuliltan tidur hanya sehari atau dua hari akibat adanya lingkungan baru (termasuk jetlag) atau masalah terkait dengan lingkungan yang tidak nyaman (berisik, panas/dingin yang terlalu). 
Mimpi itu bukan patokan seseorang tidur nyenyak karena mimpi malah timbul pada saat fase tidur tidak lelap (atau dikenal fase Rapid Eye Movement/REM). 

Kita perlu melihat masalah tidur secara menyeluruh. Jika merasa masalah ini tidak berkaitan dengan stres kehidupan sehari-hari maka perlu dikaji obat atau makanan yang dimakan akhir-akhir ini dan juga masalah fisik medis yang bisa timbul dan mengakibatkan masalah tidur. 

Kalau dari cerita saudara sepertinya kesulitan dalam memulai tidur walaupun sudah mengantuk artinya kesulitan dalam inisiasi tidur. Bisa membantu diri dengan melatonin yang biasanya dijual bebas, jika tidak bermanfaat bisa menghubungi dokter jiwa untuk mengatasi kondisi tidurnya apalagi jika lebih dari 4 minggu. 

Saya ada kuliah tentang Gangguan Tidur dan Bagaiaman Diagnosis serta Terapinya di link youtube ini Kesulitan Tidur (Insomnia), Apa dan Bagaimana Terapinya?. Semoga bermanfaat. 
Salam Sehat Jiwa  

 

Sumber : http://health.kompas.com/read/2015/05/16/100000123/Merasa.Tak.Banyak.Pikiran.Tapi.Sering.Sulit.Tidur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *