Muhamad Iman Usman: Pendiri Indonesian Future Leaders, Penerima Youth Achiever Recognition Award dari PBB

Muhamad Iman Usman: Pendiri Indonesian Future Leaders

Membantu sesama seharusnya menjadi sebuah aktivitas yang lazim ditemui. Sejak seorang manusia dilahirkan, sejatinya ia membutuhkan manusia lainnya. Fakta-fakta sosial menyedihkan yang terjadi di antara masyarakat dan ditengah lambannya birokrasi para pemangku kebijakan disinyalir mendorong munculnya kesadaran bersama pada anggota masyarakat untuk berkomitmen memberdayakan sesama.

Aksi sosial ini biasanya berawal dari inisiatif seorang individu atau komunitas. Bentuknya berupa penggalangan dana, penyaluran bantuan untuk korban bencana, untuk orang terlantar yang tak terjamah negara, atau untuk berlanjutnya pendidikan anak-anak bagi keluarga yang kurang mampu. Bahkan untuk mengatasi berbagai masalah sosial yang terjadi di masyarakat yang memerlukan penanganan segera.

Muhamad Iman Usman, seorang anak muda kelahiran Padang, 21 Desember 1991, melalui blog-nya Indonesian Future Leaders (IFL) telah memberikan manfaat pada 32 ribu orang, khususnya anak muda. Mengenai prestasinya melalui blog tersebut, Iman mendapatkan penghargaan Microsoft Bloggership Termuda 2011.

Ia mendirikan Indonesian Future Leaders pada tahun 2009, sebuah organisasi kepemudaan non profit yang bertujuan untuk memberdayakan anak muda untuk mampu membuat perubahan yang konstruktif dan menjadi solusi bagi berbagai permasalahan sosial.

Di  Indonesian Future Leaders, ia memimpin beberapa program layanan masyarakat, pembangunan kapasitas kaum muda yang secara rutin digelar, seperti Children Behind Us, SEAChange, IFL Goes to School, Speak Up! dan pemberian berbagai pelatihan serta seminar.

Atas berbagai aktivitas dan perhatiannya dalam pemberdayaan pemuda dan pembangunan kapasitas kaum muda Indonesia untuk menjadi pemimpin masa depan yang berkualitas serta memiliki kepedulian terhadap persoalan sosial di sekitarnya, sejak tahun 2008 hingga 2011 telah banyak penghargaan yang diraih Iman, baik nasional maupun internasional.

Pada tahun 2008, Presiden RI pernah memberikan penghargaan sebagai Pemimpin Muda Indonesia 2008 dan menjadi Mondialogo Junior Ambassador untuk dialog antarbudaya oleh Daimler dan UNESCO.

Bersama 9 anak muda dari seluruh dunia, ia menerima Youth Achiever Recognition Award dan terpilih sebagai Penasehat Remaja United Nations Populations Fund Indonesia sebagai peserta paling muda di Youth Advisory Panel.

Selain menjadi icon Majalah Gatra 2010 dan menjadi Duta Muda ASEAN, mahasiswa berprestasi FISIP Universitas Indonesia kategori Non Akademik tahun 2009 ini juga penerima penghargaan sebagai Global Changemaker oleh British Council 2010. Serta masih banyak deretan penghargaan pada Iman, seperti Global Teen Leader di Amerika Serikat 2011.

Untuk kontak hubungi Iman di email: imanusman@gmail.com atau twitter @imanusman

 

Sumber  : https://indonesiaproud.wordpress.com/2011/05/13/muhamad-iman-usman-pendiri-indonesian-future-leaders-penerima-youth-achiever-recognition-award-dari-pbb/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *