6 Pilihan Makanan Terburuk untuk Sarapan Jika Ingin Tubuh Langsing

6 Pilihan Makanan Terburuk untuk Sarapan Jika Ingin Tubuh Langsing
Sarapan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari mencegah kegemukan, mengontrol gula darah hingga menambah energi untuk beraktivitas di siang hari. Hanya, jika, menu sarapan yang disantap juga tepat.
 
 
Kebanyakan orang cenderung memilih menu sarapan seadanya, asalkan mengenyangkan dan berprinsip 'yang penting sudah sarapan'. Mindset seperti itulah yang bisa membuat sarapan justru mendatangkan masalah bagi kesehatan. Pilihlah sarapan rendah kalori namun kaya nutrisi, dan hindari lima menu di bawah ini yang dikutip dari Times of India.
 
 
1. Sereal Bergula
Sereal seharusnya menjadi makanan sehat karena umumnya terbuat dari gandum utuh. Namun tidak sedikit sereal yang mengandung lebih banyak karbohidrat dan gula ketimbang gandumnya. Sereal bergula tinggi akan menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh, tapi cepat juga turunnya. Energi yang turun-naik di pagi hari tentu tidak baik karena bisa membuat keseluruhan hari Anda tidak bersemangat. Pilihlah sereal gandum utuh tanpa gula. Bisa juga diberi kacang almond untuk tambahan protein dan serat.
 
 
2. Pancake dan Donat
Pancake atau donat siap makan umumnya dilapisi gula. Karbohidrat tinggi dari tepung dan gula memang bisa membuat perut cepat kenyang, tapi efeknya tubuh bisa lemas seharian. Belum lagi berat badan dan lingkar pinggang yang membesar karena gula. Untuk pilihan sarapan yang lebih sehat namun praktis, Anda bisa mengoleskan madu atau butter tanpa garam ke atas roti tawar dari gandum utuh.
 
 
3. Sandwich Siap Makan
Sandwich siap makan yang banyak dijual di mini market mungkin kelihatannya sehat dan lengkap gizinya. Sandwich biasanya berisi telur, daging, keju atau tuna. Tapi jika diperhatikan, sebenarnya banyak bumbu dan saus yang membuat menu ini berkalori tinggi. Misalnya telur yang digoreng dengan minyak yang sudah dipakai berkali-kali, daging olahan, mayonnaise dengan garam tinggi atau tambahan lainnya. Sebaiknya buat sendiri sandwich Anda agar bisa mengatur sendiri isinya. Anda bisa memperbanyak sayuran, potongan telur rebus atau keju rendah lemak yang lebih sehat.
 
 
4. Smoothies Siap Minum
Smoothies siap minum atau yang ada dalam kemasan biasanya mengandung lebih banyak gula ketimbang serat dan protein. Belum lagi smoothies umumnya juga ditambahkan banyak susu maupun krim agar terasa enak. Bisa dibayangkan berapa ratus kalori yang sudah Anda konsumsi hanya dari satu gelas minuman yang tidak mengenyangkan. Buatlah smoothies sendiri dengan campuran buah dan sayuran segar, susu rendah lemak dan sedikit pemanis dari madu.
 
 
5. Nasi Uduk
Bisa dibilang, nasi uduk merupakan sarapan favorit orang Indonesia. Nasi gurih dengan lauk gorengan dan orek tempe, siapa yang bisa menangkal kelezatannya. Tapi tahukah Anda bahwa nasi uduk dimasak dengan menggunakan santan dan garam sehingga rasanya enak. Lemak pada nasi uduk tentu bisa menambah berat badan, belum lagi gorengan dan sajian lainnya yang juga tinggi lemak dan karbohidrat. Jika ingin tetap makan nasi uduk untuk sarapan, sebaiknya porsinya jangan terlalu banyak. Pilihlah semur tahu/tempe atau telur sebagai lauknya, jangan gorengan. Untuk komponen serat, Anda bisa menambahkan tumisan sawi atau kacang panjang yang dimasak sendiri.
 
 
6. Lontong Sayur
Satu lagi makanan Indonesia yang rasanya lezat tapi kurang ideal untuk sarapan. Kuah lontong sayur, tidak dipungkiri terbuat dari santan yang tinggi lemak dan kalori. Meskipun 'berjudul' sayur, sebenarnya tidak terdapat kandungan serat pada kuahnya karena biasanya berisi nangka dan labu yang sudah diproses begitu lama sehingga kehilangan nutrisi pentingnya. Sup krim jagung dengan roti gandum mungkin bisa jadi pilihan yang lebih baik jika Anda ingin alternatif sarapan berkuah. Jika tetap ingin makan lontong sayur, sebaiknya porsinya hanya setengah dari porsi biasa.
 
 
 
Sumber: http://wolipop.detik.com/read/2015/10/20/070145/3048080/849/6-pilihan-makanan-terburuk-untuk-sarapan-jika-ingin-tubuh-langsing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *