EMISI KARBON: Global Turun 2,7%, Indonesia Berhasil Tekan 1,4%

EMISI KARBON: Global Turun 2

Kelompok negara yang tergabung dalam G20 berhasil menurunkan emisi karbon sebesar 2,7% pada 2014, tercatat sebagai pengurangan terbesar dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir.

Survei PricewaterhouseCoopers (PwC) mencatat pertumbuhan ekonomi global yang mencapai 3,2% pada 2014 berhasil dicapai dengan kenaikan emisi terkait eneri sebesar 0,5%.

Dalam laporan Low Carbon Economy Index yang membahas intensitas karbon negara-negara di dunia berupa pengukuran emisi gas rumah kaca yang disebabkan oleh penggunaan energi per juta dolar PDB, Indonesia mencatat penurunan emisi karbon sebesar 1,4%.

Penurunan itu masuk dalam peringkat ke-16 di antara negara-negara anggota G20.

Senior partner PwC Indonesia Irhoan Tanudiredja menjelaskan Inggris berhasil memecahkan rekor emisi karbon sebesar 10,9% imbas dari perekonomian negara yang kuat, penggunaan batu bara yang lebih rendah, dan musim dingin yang lebih hangat.

Adapun China, negara dengan emisi karbon terbesar di dunia merupakan negara non-Uni Eropa dengan tingkat penurunan karbon hingga 6%. Australia emisi karbon turun 4,7%.

“Intensitas karbon justru meningkat di Afrika Selatan, India, Brasil, Arab Saudi, danTurki,” katanya merinci hasil survei yang dikutip Jumat (23/10/2015).

Penggunaan energi baru terbarukan menjadi salah satu isu penting dalam menurunkan emisi karbon secara global.

“Tren emisi karbon di China mulai berbalik, dan penggunaan energi terbarukan meningkat. Namun tidak hanya selesai di situ. Komitmen di Paris juga tidak serta-merta menyelesaikan masalah. Titik balik yang sebenarnya adalah ketika penggunaan energi terbarukan mencapai paritas biaya dengan bahan bakar fosil.”

 

Sumber : http://kabar24.bisnis.com/read/20151023/79/485236/emisi-karbon-global-turun-27-indonesia-berhasil-tekan-14

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *