Pilih Mana: Gaji Gede atau Kerjaan yang Sesuai Passion?

Kalau kepaksa sama keadaan, silahkan pilih gaji besar dibandingin milih Passion. Tapi kalau sedang ngga kepaksa sama keadaan, better pilih Passion. Itu pendapat saya. Dan saya bukan berteori. Saya sendiri di awal karir dihadapkan pada dua pilihan ini, dan saya milih Passion.

Gaji saya waktu itu di Rp2.2juta / bulan. Saya lulusan S2 (MBA) dari Amerika.

Gaji teman saya Rp6juta / bulan. Dia lulusan S1 dari Amerika. Dia kerja di bank. Dia bilang, “Mending elu kerja di bank aja, gaji elu pasti bisa lebih gede daripada gaji gua.”

Jawaban saya, “Ngga ah. Gua suka sama kerjaan gua sekarang.” Saya kerja di PT Berca Sportindo, distributor tunggal merek NIKE di Indonesia saat itu.

Apa yang terjadi setelah saya tetep milih stay ngurusin NIKE? Setiap tahun saya dipromosikan jabatan. Kok bisa? Karena saya kerjanya ngga hitung-hitungan dengan waktu, apalagi sama job description. Saya selalu extra mile. Kenapa? Karena saya CINTA sama pekerjaan saya. Dengan dipromosikan jabatan setiap tahun, di akhir masa saya kerja di NIKE, sebelum saya pindah dan jadi GM di Oakley Indonesia, gaji saya Rp17juta / bulan. Dalam 4.5 tahun, dari Rp2.2juta jadi Rp17juta alias naik 8 kali lipat.

Kalau waktu itu saya pindah ke bank, rasanya mustahil dalam 4.5 tahun dari Rp6-Rp7juta bisa naik jadi Rp17juta.

So, balik lagi ke pernyataan awal saya: Kalau lagi kepaksa sama keadaan, silahkan pilih gaji besar. Tapi, untuk jangka panjang, percaya deh, milih kerjaan sesuai Passion akan lebih menguntungkan.

Selamat mencoba.

-Billy Boen

27+

5 thoughts on “Pilih Mana: Gaji Gede atau Kerjaan yang Sesuai Passion?

  1. Ruhdi.gayo7@gmail.com says:

    Wah mencerahkan ini pak. Berarti balik ke keadaan juga yakan pak. Semoga bisa nantinya kerja sesuai dengan passion, biar kerja juga dari hati😊

  2. siskabarendha89 says:

    Baru banget ngajuin resign dari kerjaan yang sama sekali bukan minat saya. Kerja gak sesuai minat bikin gak produktif dan rentan stress, apalagi jika lingkungan sekitar bukan lingkungan yang supportif. Butuh uang memang, tapi saat ini saya lebih butuh ketenangan supaya bisa mengambil langkah selanjutnya dengan tepat. Thank you for sharing, sangat relate dengan kondisi saya. 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *