Hidup Lebih Sehat dengan Menjadi Konsumen Cerdas

Hidup Lebih Sehat dengan Menjadi Konsumen Cerdas

Kesehatan tubuh yang prima merupakan bekal kehidupan masa depan yang menjadi dambaan setiap orang. Namun, perkembangan modern yang tumbuh di tengah-tengah masyarakat bisa membawa pengaruh terhadap pola hidup seseorang. Disadari atau tidak, sebagian orang telah terjebak dan terbiasa dengan gaya hidup yang ternyata berdampak besar pada kesehatan, misalnya saja mengonsumsi produk Obat dan Makanan tanpa memperhatikan kemasan termasuk labelnya.

Seringkali karena terburu-buru dan ingin yang serba praktis, konsumen tidak memperhatikan dan mencermati informasi yang tertera pada label, padahal dari situlah konsumen bisa mengetahui apakah produk tersebut aman. Adanya nomor izin edar Badan POM pada label produk Obat dan Makanan atau notifikasi pada produk kosmetika menunjukkan bahwa produk tersebut telah melalui proses evaluasi di Badan POM dan telah memenuhi persyaratan keamanan, manfaat, dan mutunya. Hal ini perlu dicermati oleh konsumen mengingat di pasaran masih banyak beredar produk-produk ilegal termasuk palsu yang mengandung bahan berbahaya.

Selain nomor izin edar Badan POM, masih banyak informasi lainnya pada label yang perlu diketahui konsumen, antara lain komposisi, nama dan alamat produsen/importir, kode produksi dan tanggal kedaluwarsa, peringatan (jika ada), dll. Untuk produk obat dan obat tradisional, perlu diperhatikan juga dosis pemakaiannya, indikasi, kontra indikasi, dan peringatan (jika ada).

Mengingat dampak bahaya produk Obat dan Makanan ilegal termasuk palsu maupun mengandung bahan berbahaya serta obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat, Badan POM menghimbau masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dengan “cekKIK” (cek Kemasan, cek Izin Edar, dan cek Kedaluwarsa).

Pertama, cek kemasan produk dalam keadaan baik, pastikan tidak ada kerusakan seperti warna kemasan pudar, penyok, terkelupas, dll. Kedua, cek izin edarnya pada label produk yang menunjukkan bahwa produk tersebut telah memenuhi persyaratan keamanan, manfaat, dan mutunya. Ketiga, cek waktu kedaluwarsanya untuk memastikan produk masih layak dikonsumsi.

Sudah saatnya, masyarakat menjadi konsumen Obat dan Makanan yang cerdas, demi kesehatan prima di masa depan. Jika ragu-ragu, hubungi Badan POM di nomor telepon 1500533. Satu Tindakan Untuk Masa Depan, “cekKIK”.

 

Sumber  : http://biz.kompas.com/read/2015/11/05/084804028/Hidup.Lebih.Sehat.dengan.Menjadi.Konsumen.Cerdas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *