YOTDepok – Sharing Session

YOTDepok - Sharing Session

“To inspire more youth to reach success at their young age”, adalah salah satu misi dari Young On Top. Menginspirasi para pemuda Indonesia untuk sukses di usia nya, dengan motto “Learn and Share adalah sebuah langkah untuk mewujudkan suatu visi besar “To create the next stronger generations of Indonesia”.

23 Oktober 2015, melalui sebuah program event “YOT Sharing Session”, Young On Top Kota Depok terus menginspirasi anak-anak muda di lingkungannya. Berkonsep interactivefun mini talk-show di sebuah Kafetaria Fakultas Hukum Universitas Indonesia, YOT Sharing Session membawa topik“Team Management as The Key of Your Successful Event”. Sebuah topik yang sangat menarik bagi kalangan anak muda yang suka banget untuk bikin acara-acara yang kreatif dan inovatif.

YOT Sharing Session dibawakan oleh Arief Eka (Young On Top Campus Ambassador batch 6). Dengan pengalaman di berbagai organisasi dan event-event besar, Arief Eka memberikan materi yang insightful dan dikemas secara fun. Dia telah memimpin berbagai tim di organisasi yang pernah dia pimpin.

Semua orang terlahir sebagai pemimpin. Namun tak semua orang mau memimpin atau bahkan mampu memimpin. Sebagai seorang pemimpin, tentunya mempunyai tim, dan wajib hukumnya untuk memimpin tim tersebut dengan baik. Team Management merupakan sebuah kunci dalam suatu organisasi untuk menjalankan segala proses menuju tujuan dan visi dari organisasi tersebut. Tim yang baik tentunya akan membawa pada hasil yang baik.

Menurut Arief, memimpin dan membangun sebuah tim diibaratkan membesarkan anak. Tentunya ada fase-fase pada setiap tahap menuju dewasa. Dalam membangun tim yang baik dan solid, tahap awal diibaratkan seperti mendidik seorang bayi atau anak kecil. Mereka sangat perlu diperhatikan, diarahkan, diberi pembelajaran dengan detail, dan tentunya selalu diberi mentoring dalam setiap proses. Kemudian layaknya sebuah anak, pada fase remaja tentunya mereka mulai diberi kepercayaan, dikenalkan sebuah masalah dan problematika, dan tentunya “learning by doing”. Dan pada tahap dewasa, tentunya mereka sudah bisa diberi kepercayaan penuh dan selalu dihadapkan pada tantangan-tantangan kedepan, namun tidak terlepas dari pengawasan pemimpin timnya.

Sebuah tim juga tidak hanya menjadi tanggung jawab pemimpinnya, tetapi juga anggota tim tersebut. Bahkan semua juga bergantung pada anggota tim. Menjadi sebuah anggota tim yang baik juga merupakan faktor pendukung yang besar terhadap kesuksesan sebuah organisasi mencapai tujuan dan visi. Bagaimana sebuah anggota tim juga harus respect, creative, open-minded, always give a report, dan yang paling penting adalah “sense of belonging” terhadap tim dan organisasi tersebut, karena tentu akan berpengaruh terhadap seberapa besar kontribusi individu terhadap tim.

YOT Sharing Session ini berjalan dengan lancar, dan antusiasme para audience sangat tinggi. Kemudian di sesi Question & Answer, Arief menjawab berbagai pertanyaan mengenai masalah-masalah practical dari teman-teman yang sedang dalam proses memimpin sebuah tim. Dalam sebuah event organizer maupun sebuah organisasi pada dasarnya sama. Mempunyai tujuan dan goal yang sama. Semua itu sangat ditentukan oleh bagaimana tim yang ada di dalamnya. Tentunya sebagai orang sukses, kita dituntut untuk bisa menjadi sebuah tim yang solid dalam organisasi yang kita jalankan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *