Stop Bullying! Inilah 4 Jenis Bullying yang Harus Kamu Tahu

stop bullying inilah 4 jenis bullying yang harus kamu tahu

Miris sekali rasanya saat melihat pemberitaan di media maupun postingan di media sosial mengenai kasus bullying. Mungkin kamu pernah menjadi korban bullying di sekolah atau pun di lingkungan sekitar, atau mungkin kamu tanpa sadar menjadi pelaku bullying.

Nah, yuk kita telusuri berbagai jenis bullying yang ada, supaya di kemudian hari kamu bisa menghindari untuk melakukannya ke teman sekitar kamu!

1. Bullying secara Verbal

Bentuk bullying secara verbal ialah berupa intimidasi seperti ejekan, hinaan, fitnah, hingga terror. Bahkan, hinaan yang disampaikan bukan hanya seputar fisik, tetapi juga isu SARA, etnis, status ekonomi hingga orientasi seksual. Karena dampaknya bikin sakit hati, bahkan bullying secara verbal dapat dikategorikan sebagai jembatan menuju bullying dalam bentuk lainnya.

2. Bullying secara Fisik

Bullying ini melibatkan kontak fisik antar pelaku dan korban, seperti memukul, menendang, menampar, meludahi, merusak barang hingga melakukan tindakan lain yang terus berulang hingga merugikan secara fisik. Bullying secara fisik sangat mudah diidentifikasi dan biasanya terjadi di antara remaja yang sedang bermasalah serta bentuk lanjutan dari bullying secara verbal.

3. Social Bullying

Bullying jenis ini melibatkan banyak pelaku dan biasanya dilakukan berkelompok. Bullying dilakukan dengan cara mengabaikan, mengucilkan atau menghindari. Sikap berupa pandangan sinis, tawa yang mengejek hingga bahasa tubuh yang bermaksud untuk merendahkan juga jadi bentuk dari social bullying. Dampaknya tentu saja akan membuat korban merasa tidak betah di lingkungan sekitarnya bahkan bisa menimbulkan depresi.

4. Cyberbullying

Bullying yang satu ini paling banyak dirasakan dan ditemui akhir-akhir ini, terutama di zaman kemajuan teknologi saat ini. Contohnya sudah pasti kamu tahu, yaitu berupa komentar kasar, ancaman hingga kata-kata yang bermaksud menyakiti hati di media sosial atau platform internet lainnya. Mengirimkan kata-kata kasar melalui media elektronik seperti SMS atau instant messenger juga termasuk cyberbullying.

Itulah 4 jenis bullying yang harus kamu tahu. Sebagai bagian dari YOTers, yaitu anak muda yang inspiratif, jangan sampai kamu melakukan tindakan bullying ya. Setiap masalah tidak harus diakhiri dengan bullying, melainkan diselesaikan dengan cara yang lebih baik dan tidak merugikan setiap pihak yang berselisih.

Nah, itu dia YOTers jenis-jenis bullying yang harus kamu ketahui! Yuk, lebih peka terhadap sekitar kita dan tahan diri untuk melakukan bullying!

ngin membaca lebih bacaan trivia? Kunjungi kolom artikel Young on Top di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *