YOTBogor – Yotwalk On Bogor

YOTBogor - Yotwalk On Bogor

“Kesehatan adalah keadaan utuh fisik, mental dan kesejahteraan sosial, dan bukan sekedar tidak adanya penyakit atau kelemahan.”

-World Health Organization

 

Hidup sehat merupakan idaman semua orang. Dengan menjaga pola hidup kita, kesehatan pun akan tetap terjaga dan dapat melaksanakan aktivitas kembali. Seperti pada program rutin Young On Top yang sering dilaksanakan setiap bulannya dan memiliki value hidup sehat dimana jika kita sukses tapi tidak sehat, percuma saja kan? Nah, nama program rutin tersebut adalah Young On Top Walk atau YOTWalk.

Tepat pada hari minggu, 8 November 2015 YOT Pusat, YOT Bogor, YOT Semarang dan YOT Yogyakarta mengadakan program rutin YOTWalk. Pada hari itu, YOT Bogor mengadakan acara YOTWalk di Lapangan Sempur dimulai pukul 06.30 WIB. Kegiatan ini merupakan terbuka secara umum, masyarakat umum dapat bergabung dengan YOT Bogor dengan datang ke Lapangan Sempur. Tentunya, sebelum melakukan kegiatan, kami telah memiliki rencana apa yang harus dilakukannya nanti.

Kegiatan pertama mereka adalah lari pagi bersama. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyehatkan tubuh agar lebih bugar dan sehat, mereflekskan pikiran agar lebih jernih kembali dan banyak sekali tujuan bagi fisik kita. Tapi tentunya selain bagi fisik, dengan diadakannya lari pagi bersama ini, kebersamaan antara anggota YOTBogor menjadi lebih dekat dan lebih mudah jika kegiatan ini dilakukan secara berbarengan.

Setelah melakukan kegiatan yang memiliki tujuan untuk fisik, YOTBogor juga memiliki kegiatan untuk sosial. Kegiatannya adalah rampok plastik dan mengumpulkan sampah yang bertebaran di Lapangan Sempur. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar masyarakat menjadi lebih peduli dan mempunyai rasa malu jika membuang sampah sembarangan. Dimulai dari menggunakan trashbag untuk mengumpulkannya. Lalu, kami dibagi menjadi dua tim untuk menyebar ke daerah Lapangan Sempur untuk mengambil sampah plastik dan sampah-sampah yang lainnya.

 

\"Name\"

 

Ternyata hasil dari mengumpulkan sampah plastik dan sampah sampah lainnya banyak loh. Hal ini berarti, masih banyak yang belum peduli dan sadar untuk menjaga lingkungan. Tetapi, dibalik itu semua saat mereka melakukan kegiatan tersebut, masyarakat umum juga memberikan respon yang positif terhadap mereka. Ada banyak masyarakat umum yang ikut serta mengambilkan sampah dan memberikan respon yang positif terhadap kegiatan tersebut. Jika hal ini dilakukan, maka masyarakat pun akan sadar untuk menjaga lingkungannya agar dapat meminimalisir sampah.

Terdapat komunitas lain yang melakukan hal yang sama dengan YOT Bogor loh. Komunitas itu adalah Gerakan Pungut Sampah, dimana pada komunitas Gerakan Pungut Sampah terdiri dari beberapa komunitas lainnya seperti komunitas motor gede, gubuk cinta dan masih banyak lagi komunitas yang bergabung dengan Gerakan Pungut Sampah. YOT Bogor sangat senang sekali dapat bergabung dan bekerjasama untuk melakukan hal yang sama dengannya.

Selain komunitas yang melakukan hal yang sama, ada seorang bapak dan anak pun sedang mengumpulkan sampah-sampah di Lapangan Sempur loh. Waah, ternyata tidak harus menunggu banyak orang dulu baru mau melakukan hal untuk menjaga lingkungan. Tetapi, hal ini dapat di mulai dari diri sendiri seperti yang dilakukan oleh seorang bapak dan anak tersebut untuk dapat menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Karena, jika membuang sampah sembarangan banyak hal-hal negatif yang bisa timbul loh.

Berakhirlah kegiatan kami dengan foto bersama YOT Bogor. Kegiatan ini dilakukan agar bisa melaksanakan pola hidup sehat yang teratur dan bisa menjaga lingkungan dengan memberikan contoh yang positif serta memberikan youth impact kepada masyarakat Bogor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *