5 Penyebab Overthinking yang Sering Tidak Kamu Sadari

Takut sama hal yang belum dikerjakan, pesimis akan hasilnya, gak jarang bisa menimbulkan overthinking. Terlalu banyak hal-hal yang dipikirkan hingga akhirnya menjadi sebuah ketakutan besar. Padahal, kebiasaan overthinking ini memiliki dampak yang berbahaya, salah satunya untuk kesehatan jiwa.

Tentu kita harus mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan overthinking bisa terjadi. Berikut ini 5 penyebab overthinking yang sering tidak kita sadari:

1. Pesimis dengan Hal yang Akan Dikerjakan

Salah satu penyebab overthinking adalah kamu takut sama hal yang belum terjadi. Bahkan, kamu belum mencobanya sama sekali. Pikiranmu sudah dipenuhi dengan hal-hal negatif hingga akan menyalahkan diri sendiri untuk sesuatu yang belum terjadi. Hal ini tentu harus kamu hentikan dari sekarang. Bangkit dan percayalah semua bisa berjalan dengan baik. Jika menemui kegagalan, sadari bahwa hal tersebut adalah bagian dari proses menuju kesuksesan.

2. Terlalu Perfeksionis

Boleh kok menginginkan semuanya berjalan sempurna dan baik-baik saja. Tapi, ingat lagi, jangan sampai sikap ini malah menjadi beban untukmu karena menuntut segalanya harus berjalan sempurna. Kamu harus realistis dan menyadari bahwa kemungkinan gagal mungkin terjadi dalam berbagai proses yang kita jalani. Terlalu perfeksionis hanya akan membuatmu fokus pada kesalahannya saja dan kamu akan menyalahkan diri sendiri terhadap semua kegagalan tersebut. Padahal, yang harus kamu pelajari dari kegagalan adalah cari tahu penyebabnya dan mencari solusinya agar hal tersebut tidak terjadi kembali. Ingat, harus tetap realistis ya.

3. Suka Memendam Semuanya Sendiri

Kebiasaan memendam semuanya sendiri juga bisa membuatmu overthinking. Sediakanlah waktu untuk bercerita ke teman, orang tua atau orang yang membuatmu nyaman untuk bercerita. Dengan bercerita, tentu akan lebih meringankan bebanmu. Karena kamu akan mendapatkan saran dari teman curhatmu.

4. Berada di Lingkaran yang Juga Overthinking

Sering tidak disadari penyebab overthinking adalah karena kamu berada di satu lingkaran dengan keadaan yang sama. Lepaskan diri dari lingkungan ini, karena bisa membuat overthinking-mu semakin terasa berat. Kamu dan temanmu yang sedang mengalami kondisi serupa tentu harus bercerita dengan orang yang lebih mengerti untuk menghindari dampak buruk yang mungkin akan terjadi. Jangan ragu untuk berkunjung ke psikolog jika kamu merasa butuh.

5. Membandingkan Diri dengan yang Lain

Penyebab lain yang bisa membuatmu overthinking adalah karena kamu suka membandingkan dirimu dengan orang lain. Di usia 25 yang rentan mengalami quarter life crisis, kamu akan lebih mudah dan sering membandingkan pencapaian yang sudah diraih orang lain dan kamu belum bisa meraihnya. Gak heran, pikiran ini akan terus menghantuimu dan membuatmu overthinking. Sadari bahwa setiap orang memiliki proses hidupnya masing-masing, maka berhentilah membandingkan diri dengan orang lain.

Itulah 5 penyebab overthinking yang sering tidak kita sadari. Kuncinya adalah berhenti berpikir negatif untuk berbagai hal yang belum terjadi dan jika gagal jangan menyalahkan diri sendiri. Semangat YOTers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *