5 Langkah Kecil yang Harus Kita Lakukan untuk Selamatkan Bumi

5 Langkah Kecil yang Harus Kita Lakukan untuk Selamatkan Bumi - young on top

Bumi yang menjadi tempat tinggal kita, tentu harus kita jaga kelestariannya. Banyak langkah kecil yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi, berikut ini 5 di antaranya:

  1. Kurangi Penggunaan Plastik
    Berdasarkan studi di jurnal Climate Change pada Februari 2019, setiap pembuatan ton plastik (PET) menyumbang 3 ton karbon dioksida (CO2) ke udara. Sedangkan sampah tas plastik membutuhkan waktu 10-20 tahun untuk bisa diurai oleh alam dan 400-450 tahun botol plastik bisa diurai oleh alam. Gak berhenti disitu, berdasarkan data dari Konferensi Laut PBB di New York tahun 2017, limbah plastik telah membunuh 1 juta burung laut, 100 ribu mamalia laut, kura-kura laut dan ikan-ikan dalam jumlah besar tiap tahunnya.
    Maka dari itu, kita harus kurangi penggunaan plastik yang nantinya akan menjadi limbah dan akan merusak lingkungan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Tumbler dan Totebag kemanapun kamu pergi sebagai pengganti tas dan botol plastik. Kamu bisa nih pakai Tumbler dan Totebag dari YOT Store. Karena selain bisa jaga bumi, kamu bisa tampil stylish sekaligus sebar value positif. Kamu bisa koleksi Totebag dan Tumbler YOT Store di youngontop.com/store atau klik gambar di bawah ini ya.Tumbler & Totebag YOT Store
  2. Gunakan Produk yang Menerapkan Sustainable Fashion
    Sustainable fashion sendiri memiliki pengertian praktik mode yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sosial. Mulai dari bahan baku yang ramah lingkungan, sustainable fashion juga berkontribusi dalam mengurangi limbah industri pakaian yang diproduksi. Nah, mulai dari sekarang, gunakanlah produk yang menerapkan sustainable fashion ya. Berikut ini brand fashion yang menerapkan konsep sustainable dalam produk mereka:

    Keren! Ini Dia Brand Lokal yang Punya Konsep Sustainable Fashion

  3. Gunakan Air Seperlunya
    Langkah kecil lainnya adalah dengan menggunakan air secukupnya. Karena, kita bisa mengurangi energi yang digunakan untuk memproses dan mengalirkan air ke rumah, pusat industri atau bisnis. Selain itu, polusi pun juga bisa berkurang dan bahan bakar bisa dihemat. Cara yang paling mudah dan bisa kamu terapkan adalah dengan mematikan keran jika tidak dipakai, misalnya saat sedang menggosok gigi atau saat menyabuni tangan.
  4. Hemat Listrik
    Kenapa kamu harus hemat listrik? Karena listrik adalah penghasil emisi karbon terbesar secara global dan sektro ketenagalistrikan seluruh dunia telah menyumbang hampir 40% emisi karbon. Sementara emisi karbon yang dihasilkan terutama dari pembakaran bahan bakar fosil merupakan penyebab utama pemanasan global. Maka dari itu, menghemat listrik adalah solusi terbaik untuk mengurangi ancaman pemanasan global.
  5. Gak Buang Sampah Sembarangan
    Langkah kecil lainnya tapi masih sulit dijalankan adalah tidak membuang sampah sembarangan. Karena, kebiasaan buruk ini bisa membuat sampah menumpuk di kali atau aliran sungai yang mengakibatkan ekosistem di dalamnya akan rusak. Mulai dari hewan sampai air bisa tercemar karena sampah yang kita buang sembarangan. Ditambah lagi kemungkinan banjir karena kebiasaan buruk ini.
    Oh ya, kamu juga bisa manfaatkan sampah yang kamu punya di rumah dengan mendaur ulangnya ya. Awali dengan memisahkan sampah organik dengan non organik. Sampah non organik yang membutuhkan waktu lama untuk bisa diurai oleh bumi, seperti botol plastik, bisa kamu daur ulang atau kamu jual ke pengrajin yang membuat produk dari bahan dasar ini.

Ternyata langkah untuk menyelamatkan bumi sangat mudah ya. Yuk kasih bukti dengan memulai aksi. Jangan lupa juga untuk ajak sekitarmu untuk melakukan langkah kecil ini!

Tentunya masih banyak langkah kecil lainnya yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi. Yuk kita bahas di Inspira Webinar #MakinPintardiRumah with 11th SATU Indonesia Awards 2020: ‘Langkah Kecil Menjaga Kelestarian Lingkungan’ bareng Kak Agni Pratistha Arkadewi, Pegiat Gaya Hidup Zero Waste dan Kak Maya Stolastika Boleng – Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2019, hari Minggu, 21 Juni 2020, pukul 16.00 WIB. Ini dia detail acaranya:

Yuk daftar sekarang juga di youngontop.com/webinarsia. Acaranya GRATIS dan kamu juga bisa dapetin e-certificate lho! Inspira Webinar ini akan dipandu sama Alexander Zulkarnain, Brand & Partnership Director Young On Top yang tentunya akan semakin seru dan dalam ngebahas topiknya!

Yuk registrasi sekarang juga di youngontop.com/webinarsia! Jangan lupa ajak teman, pacar, sahabat, gebetan, saudara, tetangga, semua yang kamu kenal deh pokoknya, biar #MakinPintardiRumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *