Hal yang Harus Kamu Persiapkan di Semester Akhir Kuliah

Hal yang Harus Kamu Persiapkan di Semester Akhir Kuliah

Menjelang lulus kuliah tentunya banyak hal yang harus kamu persiapkan menuju dunia kerja. Karena, dunia kerja itu gak semudah dunia sekolah atau kuliah. Selain mempersiapkan mental, kita dituntut untuk lebih mandiri, lebih cekatan dan lainnya. Biar kamu lebih bisa mempersiapkan diri, yuk kita bahas hal-hal apa saja yang harus kamu persiapkan di semester akhir kuliah:

  1. Belajar dari Magang

Di semester akhir kuliah tentunya kamu akan mengikuti program magang atau yang biasa dikenal dengan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Manfaatkan kesempatan ini untuk belajar seperti apa dunia kerja. Mau magang di startup, korporasi atau apapun maksimalkan kesempatan ini untuk menemukan dan perdalam skill kamu dan juga menambah networking. Selain itu, pelajari juga budaya perusahaan tempat kamu magang.

  1. Ketahui dan Perdalam Skill Kamu

Penting untuk tahu skill kamu supaya kamu bisa menentukan mau kerja di bidang apa, sehingga kamu bisa menentukan mau kuliah di jurusan apa yang relate dengan bidang pekerjaan yang kamu inginkan. Buat kamu yang udah tahu, jangan malas untuk perdalam skill kamu ya.

  1. Perbanyak Relasi

Relasi itu sangat terasa manfaatnya saat kita ingin memasuki dunia kerja. Siapa tau kalau skill kamu mumpuni, kamu ditawari untuk kerja bareng teman kamu kan? Kalau kamu mau jadi entrepreneur setelah kuliah, relasi juga penting banget lho. Siapa tau mereka bisa jadi partner bisnis kamu kan?

  1. Siapkan CV

Last but not least adalah mempersiapkan Curriculum Vitae atau CV. Penting banget untuk mempersiapkan CV sebaik-baiknya lho. Cari referensi yang benar, kamu bisa nanya ke teman atau saudara kamu yang sudah bekerja seputar bagaimana membuat CV yang baik.

Nah itu dia berbagai hal yang harus kamu persiapkan di semester akhir kuliah. Mempersiapkan mental juga gak kalah pentingnya, supaya kamu bisa menghadapi dunia kerja dengan tangguh. Semangat!!

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

5+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *