3 Jenis Investasi yang Tepat untuk Anak Muda di Tengah Pandemi

Berinvestasi saat pandemi seperti ini tentu harus kamu cari tau dulu berbagai instrumennya supaya kamu gak mengalami kerugian yang besar. Terlebih lagi kita juga harus memperhatikan kondisi dan risiko pasar.

Berikut ini 3 jenis investasi yang tepat, khususnya untuk anak muda di saat pandemi dilansir dari koinworks:

  1. Logam Mulia
    Risiko investasi emas terbilang sangat kecil dengan keuntungan yang lumayan besar. Cara berinvestasinya pun mudah, cukup menerapkan sistem jual-beli. Kamu bisa membelinya saat memiliki cukup uang dan bisa menjualnya saat tengah dibutuhkan atau naik harganya. Untuk harga logam mulia pun relatif stabil, bahkan mengalami kenaikan di atas inflasi.
    Sekarang juga banyak e-commerce yang menawarkan sistem ‘menabung emas digital’ yang tentunya mudah dan aman. Kalau mau jual-beli langsung, kamu bisa ke bank konvensional resmi atau di PT Antam (Aneka Tambang).
  2. Surat Utang Negara (SUN)
    Surat Utang Negara (SUN) atau Surat Berharga Negara (SBN) adalah instrumen investasi yang diterbitkan oleh pemerintah. SUN jadi salah satu investasi yang bisa kamu pilih di saat pandemi ini karena investasi ini dijamin oleh negara. Jadi, kamu gak perlu takut akan mengalami kerugian seperti duit hilang atau gagal bayar. Salah satu jenis SUN yang dianggap efektif saat pandemi ini adalah Obligasi Negara, yang terdiri dari SBR (Savings Bond Ritel), ORI (Obligasi Ritel Indonesia) dan SR (Sukuk Ritel).
    Kalau kamu membeli SBR, maka artinya kamu berinvestasi pada negara. Saat masa jatuh tempo tiba, negara akan membayar pokok dan bunga sesuai ketentuan awal. Oh ya, kamu bisa membeli SBR secara online dan lihat langkah-langkahnya di situs Kementerian Keuangan.
  3. Reksa Dana Pasar Uang
    Jika reksa dana saham dan reksa dana campuran kian melemah, justru reksa dana pasar uang cenderung positif dan relatif stabil sejak awal tahun 2020. Berdasarkan data dari Infovesta di bawah ini, reksa dana pasar uang mampu memberikan imbal hasil secara konsisten sebesar 1,29% yang terhitung dari bulan Januari hingga Maret 2020.

Tapi, biar lebih jelas dan paham soal investasi, tentu kita harus bahas bareng ahlinya. Yuk kita ngobrolin soal investasi lebih dalam di Inspira Webinar #MakinPintardiRumah presented by Astra: ‘Investasi Saat Pandemi untuk Investor Muda’ bareng Heinrich Vincent, CEO Bizhare hari Kamis, 25 Juni 2020, pukul 16.00 WIB. Ini dia detail acaranya:

Yuk daftarin diri kamu sekarang di youngontop.com/webinar. Cuma dengan Rp 10.000 aja kamu bisa dapetin ilmu gak terbatas dari ahlinya.

Oh ya, kamu juga bisa dapetin e-certificate dan tiket yang kamu beli sudah termasuk donasi untuk Nurani Astra lho!

Yuk registrasi sekarang juga di youngontop.com/webinar! Jangan lupa ajak teman, pacar, sahabat, gebetan, saudara, tetangga, semua yang kamu kenal deh pokoknya, biar #MakinPintardiRumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *